alexametrics

Seks Pra Nikah dan Sejenis Picu Pertumbuhan HIV/AIDS di Tangerang

loading...
Seks Pra Nikah dan Sejenis Picu Pertumbuhan HIV/AIDS di Tangerang
Foto: Ilustrasi
A+ A-
TANGERANG - Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Provinsi Banten membeberkan kalau Kabupaten Tangerang termasuk wilayah dengan penyebaran HIV tertinggi di Provinsi Banten. Kondisi ini terjadi karena maraknya seks pra nikah dan lelaki termasuk paling beresiko.

Sekretaris KPA Provinsi Banten Encep Mukardi mengatakan, penyebaran HIV paling tinggi se-Banten berada di Kabupaten Tangerang. Sedang penyebaran AIDS, paling besar di Kota Tangerang. Data ini didapat dari Dinkes Banten, dan hasil tes darah yang dilakukan.

"Ini masih banyak yang belum di tes. Ada fenomena gunung es. Perkotaan angkanya tinggi. Mobilitas tinggi, perilaku sex pranikah tinggi dan pengguna narkoba suntik," katanya ketika dihubungi Koran SINDO, Kamis (6/12/2018).

Dijelaskan dia, sebagai wilayah perkotaan, banyak prilaku seks pranikah warga di Tangerang Raya. Hal ini ditunjang dengan masih banyaknya lokalisasi dan prostitusi.

"Paling tinggi seks pranikah. Iya, wanita pekerja seks, LSL (Lelaki Sex Lelaki), dan waria. Sebarannya merata, lelaki paling berisiko tertular HIV/AIDS," ungkapnya.

Dari prilaku seks berganti pasangan ini, virus HIV/AIDS paling banyak tersebar dan menularkan. Korbannya adalah pasangan atau ibu rumah tangga dan bayi mereka.

"Anak yang tertular 100 lebih. Ibu rumah tangga yang AIDS 12.4% atau sekitar 250 orang, dari 2.019 orang yang terkena AIDS. Tertularnya dari pasangannya. Mereka harus diobati dengan obat ARV," paparnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak