Adu Kekuatan Militer Iran vs Israel 2024, Konflik Memanas Antar Kedua Negara

Rabu, 17 April 2024 - 12:15 WIB
loading...
Adu Kekuatan Militer Iran vs Israel 2024, Konflik Memanas Antar Kedua Negara
Tentara Angkatan Darat Iran mengikuti latihan militer Fatehan Kheibar di bagian barat laut Iran pada 1 Oktober 2021. Foto/REUTERS/WANA
A A A
TEHERAN - Kekuatan militer Iran dan Israel akan dibahas dalam artikel ini. Informasi tentang kekuatan militer kedua negara ini menarik diketahui mengingat konflik yang semakin memanas antara kedua negara Timur Tengah tersebut.

Dimulai dari konsulat Iran yang berada di Suriah dibom oleh Israel hingga menewaskan tujuh petinggi militer dan diplomat membuat Teheran tak tinggal diam.

Serangan balasan Iran akhirnya datang beberapa waktu lalu dengan cara menggempur Israel dengan rudal dan drone kamikaze.

Selama beberapa dekade, Iran dan Israel memang telah menjadi musuh bebuyutan dan beberapa kali melakukan perang bayangan, mereka saling bertukar serangan melalui darat, laut, udara, dan dunia maya.

Meskipun rudal yang dilancarkan Iran ke Israel pada 13 April 2024 lalu berhasil dicegat oleh sistem pertahanan Israel, tetap saja ini merupakan titik balik dalam konflik tersebut.

Menurut pakar masalah keamanan Timur Tengah di King's College London, Ahron Bregman dalam New York Times, ini adalah pertama kalinya Iran menyerang Israel secara langsung dari wilayahnya sendiri. Hal tersebut menurutnya adalah peristiwa bersejarah.

Karena sebelumnya, Iran selalu mengandalkan proksi asing seperti milisi Hizbullah Lebanon untuk menyerang kepentingan Israel. Namun sebenarnya sebesar apa kekuatan militer Iran dan Israel jika dibandingkan.

Kekuatan Militer Iran vs Israel 2024

1. Jumlah Tentara dan Dana Pertahanan Iran vs Israel


Dari populasinya sendiri, Iran memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak yaitu sekitar 86,7 juta jiwa ketimbang Israel yang hanya punya 8,9 juta jiwa.

Hal itu membuat Iran memiliki pasukan perang yang jauh lebih banyak. Teheran tercatat memiliki total pasukan 48.584.650 personil sedangkan untuk Israel hanya ada 3.744.252 personil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0875 seconds (0.1#10.140)