alexametrics

Pencemaran Sungai Kian Parah, Anies Perintah Dinas LH Cari Penyebabnya

loading...
Pencemaran Sungai Kian Parah, Anies Perintah Dinas LH Cari Penyebabnya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: dok/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pada Agustus lalu pihaknya mendapatkan laporan sungai-sungai di Jakarta sudah tercemar hingga 61 persen. Ia menyebutkan, lonjakan pencemaraan terjadi dua kali lipat selama tiga tahun terakhir ini.

Mendapatkan kabar tersebut, dia memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta untuk melakukan mitigasi pencegahan peningkatan pencemaran kali tersebut.

"LH diinstruksikan untuk lakukan mitigasi nomor satu adalah mencegah percepatan polusi itu terjadi," kata Anies saat ditemui di Hotel Bidakara di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (5/12/2018).

Tak hanya itu, Dinas LH juga diperintahkan untuk mencari penyebab sungai dan kali di Jakarta menjadi sangat tercemar. Namun, Anies masih enggan mengungkapkan langkah penangan yang ditempuh pihaknya.

"Apa pun sebabnya dicari, kemudian yang kedua kita bicara menurunkan tapi kecepatannya begitu tinggi. Jadi harus langkah-langkah pencegahan untuk kecepatan meningkat seperti kemarin," ujarnya.

Mengenai penanaman eceng gondok sebagaimana yang dilakukan di kali penghubung wilayah Sunter, Jakarta Utara yang merupakan salah satu upaya menangkal tingkat polusi sungai, alumnus Universitas Gajdjah Mada ini belum bersedia berkomentar.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak