Musim Hujan, Volume Sampah di Kali Jakarta Barat Meningkat 20 Persen

Rabu, 05 Desember 2018 - 16:45 WIB
Musim Hujan, Volume Sampah di Kali Jakarta Barat Meningkat 20 Persen
Musim Hujan, Volume Sampah di Kali Jakarta Barat Meningkat 20 Persen
A A A
JAKARTA - Hujan deras yang mengguyur Ibu Kota Jakarta beberapa pekan terakhir membuat volume sampah di sejumlah kali di wilayah Jakarta Barat, meningkat tajam. Seperti Kali Sekretari, Kali Banjir Kanal Barat, Kali Krendang, hingga Kali Pesanggarahan, saat ini dipenuhi banyak sampah.

Sampah itu terhanyut setelah hujan deras melanda kawasan hilir. Untuk memaksimalkan pengangkutan sampah, sejumlah kali dipasang High Density Polyethylene (HDPE). Cara ini untuk menahan sampah di kali sebelumnya diangkut. Ada juga yang menggunakan ponton yang biasa dipasang untuk dermaga.

Dari situlah petugas kemudian mengangkut sampah secara manual maupun alat berat berupa eskavator dan spider sebelum diteruskan mobil truk.

Seorang petugas UPK Badan Air, Agus, saat ditemui di kawasan Banjir Kanal Barat mengaku sejak dua pekan terakhir sampah di depan Mall Season City mengalami peningkatan. Karena itu, petugas UPK sudah diperbanyak di lapangan untuk siaga.

“Kami aja di sini sampai dibuatkan pos untuk berjaga, beberapa jam sekali. Kami kemudian turun ke kali mengangkut sampah,” kata Agus di depan Mall Season City, Tambora, Jakarta Barat, Rabu (5/12/2018).

Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Edy Mulyanto, mengakui volume sampah di Jakarta Barat meningkat hingga 20 persen saat musim penghujan.

Peningkatan volume sampah ditemukan beberapa kali, seperti Kali Pesanggarahan, Kali Sekretaris, dan kali-kali lainnya. Namun, peningkatan volume sampah itu masih kategori wajar, mengingat Jakarta Barat merupakan wilayah hilir yang menjadi aliran kali terakhir.

Di Jakarta Barat, Edi mencatat sedikitnya 1.750 ton sampah setiap hari. Sementara saat musim penghujan, jumlah sampah mencapai sekitar 2.100 ton. “Yang jelas pasti ada penanambahan,” pungkas Edy.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0047 seconds (0.1#10.140)