Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Begini Suasana Pelabuhan Bakauheni Pagi Ini

Senin, 15 April 2024 - 08:08 WIB
loading...
Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Begini Suasana Pelabuhan Bakauheni Pagi Ini
Ratusan mobil menunggu kapal yang baru bersandar di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Senin (15/4/2024) pagi. FOTO/MPI/RIYAN RIZKI ROSHALI
A A A
LAMPUNG - Arus balik pemudik yang ingin kembali ke Pulau Jawa via Pelabuhan Bakauheni masih terpantau ramai lancar, Senin (15/4/2024) pagi. Tidak ada antrean yang mengular.

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi, terlihat ratusan mobil menunggu kapal yang baru bersandar untuk melakukan bongkar muat kendaraan dari Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pihaknya bakal menambah jumlah perjalanan kapal dari Sumatera ke Jawa. "Improvement yang kita lakukan pertama kali adalah jumlah kapal yang dioperasikan atau pergerakan itu insyaallah satu hari kalau kemarin itu 131, di sini akan menjadi 146 trip," kata Menhub di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Minggu (14/4/2024).



Budi menjelaskan, penambahan itu dilakukan sebagai upaya agar tidak terjadi penumpukan di Pelabuhan Bakauheni. Budi memastikan pihaknya terus memantau keberangkatan kapal di pelabuhan.

"Apabila kapal melampaui 45 menit dia harus jalan, sebaliknya SPB (surat perintah berlayar) juga harus dilaksanakan kurang dari 5 menit, sehingga tidak ada delay-delay yang berarti," ujarnya.

Kendati begitu, menurutnya, saat ini situasi di Pelabuhan Bakauheni terpantau kondusif. Dia berharap tidak terjadi kepadatan pemudik di Pelabuhan Bakauheni hingga arus balik Lebaran 2024 selesai. "Kita melihat bahwa Alhamdulillah dengan adanya relaksasi yang dilakukan kemarin, hari ini masih relatif landai," imbuhnya.

"Kalau padat maka banyak kapal yang harus dioperasikan secara praktikel, langsung dari sini langsung di sana bongkar balik lagi tanpa memuat. Nah ini kita lakukan," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0934 seconds (0.1#10.140)