Jalur Prestasi Unnes 2024 Dibuka, Bebas Uang Sumbangan dan Biaya Kuliah Rendah

Minggu, 14 April 2024 - 08:45 WIB
loading...
Jalur Prestasi Unnes 2024 Dibuka, Bebas Uang Sumbangan dan Biaya Kuliah Rendah
Unnes membuka Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SM Prestasi) hingga 28 Juni 2024. Foto/Unnes.
A A A
JAKARTA - Unnes membuka Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SM Prestasi) hingga 28 Juni 2024. Ada keistimewaan mengenai uang kuliah di jalur ini.

Siswa yang memiliki prestasi akademik dan non akademik bisa mendaftar di jalur SM Prestasi Unnes ini. Sebab jalur ini memang bertujuan menjaring talenta-talenta unggul berprestasi dari penjuru Indonesia.

Baca juga: Resmi Dibuka! Ini Syarat Pendaftaran Jalur Seleksi Prestasi Akademik UNY 2024

Jenis prestasi yang diakui di SM Prestasi Unnes ini seperti:


1. Olahraga
2. Seni
3. Sains
4. Keorganisasian (Ketua OSIS dan Ketua MPK)
5. Keagamaan.

Di sub bidang keagamaan, siswa yang telah menjadi hafidz Qur’an minimal 20 juz (bagi yang beragama Islam) maupun prestasi keagamaan lain (sesuai agama masing-masing) bisa mendaftar SM Prestasi Unnes. Proses seleksi akan melihat dan memverifikasi sertifikat atau penghargaan yang telah diperoleh peserta.

“Kami menyadari bahwa prestasi seseorang tidak hanya diukur dari nilai akademik saja. Banyak di antara siswa kita yang memiliki bakat dan prestasi luar biasa di luar bidang akademik,” ujar Rektor Unnes Prof. Dr. S Martono, dikutip dari laman Unnes, Minggu (14/4/2024).

Baca juga: Gagal di SNBP dan SNBT 2024? Ini 3 Jalur Masuk Tanpa Tes di IPB University

Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis itu berharap, melalui jalur ini, Unnes dapat memberikan ruang yang lebih luas bagi para siswa berprestasi untuk dapat mengembangkan potensi mereka di Unnes.

Kepala Humas Unnes Rahmat Petuguran menjelaskan, siswa yang dinyatakan lolos melalui SM Prestasi akan mendapatkan beberapa keistimewaan.

“Peserta SM Prestasi tidak akan dikenakan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dan akan mendapatkan UKT kelompok rendah yaitu kategori 1 sebesar 500 ribu per semester atau kategori 2 sebesar 1 juta per semester,” ungkapnya.

Ia berharap, jalur ini dapat mendorong siswa-siswi berprestasi untuk terus mengasah dan menunjukkan bakat mereka. Seleksi Mandiri Jalur Prestasi tidak hanya menjadi pintu masuk bagi mereka untuk mendapatkan pendidikan tinggi yang berkualitas, tetapi juga sebagai platform untuk mengembangkan diri dan berkontribusi bagi masyarakat dan bangsa.

Tahun 2024 Unnes akan menerima 11.300 mahasiswa baru di 74 program studi D3/S1 di sembilan fakultas. Sebanyak 2.390 atau 21 persen berasal dari jalur SNBP, 3.522 atau sekitar 31 persen berasal dari jalur UTBK-SNBT, dan 5.388 atau sekitar 48 persen akan diterima melalui jalur Seleksi Mandiri Unnes, termasuk Seleksi Mandiri Prestasi.

Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SM Prestasi) Unnes telah dibuka sejak 28 Maret 2024 dan akan ditutup pada 28 Juni 2024. Informasi lebih lanjut mengenai jadwal serta persyaratan dapat diakses melalui laman admisi Unnes di https://unnes.ac.id/admission/.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)