Penyu Diduga Mati karena Terpapar Sampah, Kadis LH DKI Lakukan Ini

Rabu, 28 November 2018 - 10:19 WIB
Penyu Diduga Mati karena Terpapar Sampah, Kadis LH DKI Lakukan Ini
Penyu Diduga Mati karena Terpapar Sampah, Kadis LH DKI Lakukan Ini
A A A
JAKARTA - Dinas Lingkuhan Hidup (LH) DKI Jakarta menyatakan kematian seekor penyu di perairan Kepulauan Seribu yang menjadi viral tidak menutup kemungkinan akibat terpapar limbah sampah plastik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan,
Indonesia menjadi salah satu negara enghasil mikro plastik. "Itu tidak menutup kemungkinan penyu dan lain-lain, ikut makan. Ikan juga terkadang makan remahan plastik yang mereka kira plankton," kata Isnawa di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Belajar dari peristiwa matinya hewan laut tersebut, lanjut Isnawa, maka Dinas LH akan terus menggalakkan program memerangi sampah plastik.
"Nah maksudnya menjadi program nasional bahwa kita harus memerangi sampah plastik sampai di perairan," lanjutnya.

"Ya caranya tadi memang harus ketat dengan pengawasan di perairan. Sudin LH di dermaga Marina, Ancol beberapa waktu lalu sudah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) sampah plastik. Kita mulai mengedukasi tour guide meminta wisatawan tidak membuang sampah saat perjalanan ke Pulau Seribu. Jadi terus kita lakukan upaya-upaya begitu," sambungnya.

Menurutnya, OTT bukanlah cara mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Namun lebih kepada peringatan keras terhadap para pelanggar sampah."Ya OTT itu sih kan memang terus kita lakukan. Begini kita bukan mengejar duitnya, tapi lebih ke mengedukasinya," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3563 seconds (0.1#10.140)