Dua Karung Narkoba Dikirim dari Taiwan Melalui Jalur Tikus di Batam

Senin, 26 November 2018 - 14:02 WIB
Dua Karung Narkoba Dikirim dari Taiwan Melalui Jalur Tikus di Batam
Dua Karung Narkoba Dikirim dari Taiwan Melalui Jalur Tikus di Batam
A A A
JAKARTA - Polres Jakarta Barat berhasil mencegat pengiriman dua karung narkoba yang terdiri 44 kilogram sabu dan 20 ribu butir ekstasi kelas 1 di pelabuhan rakyat, Banten. Diketahui kalau barang haram tersebut dikirim oleh jaringan internasional dari Taiwan.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Erick Frendrizh mengatakan, jaringan yang diawaki residivis perampokan ini kerap kali memasarkan narkoba ke Indonesia.

Melalui jalur laut dan darat, barang dari Taiwan ini masuk melalui pelabuhan tikus di Batam sebelum akhirnya didistribusikan ke Medan dan beberapa kota di Indonesia melalui jalur darat. (Baca: Polres Jakarta Barat Amankan Dua Karung Narkoba )

"Saat di Lampung, kelompok ini kemudian memecah barang untuk distribusikan ke pulau Sumatra dan pulau Jawa," katanya kepada wartawan di Mapolres Jakarta Barat, Senin (26/11/2018).

Barang ke pulau Jawa diantarkan melalui kapal nelayan dan masuk melalui pelabuhan rakyat Bojonegara, Cilegon, Banten. Polisi kemudian mengungkap jaringan ini pada Selasa 20 November 2018 lalu.

Melalui keterangan DW yang lebih dulu tertangkap pada September 2018, polisi kemudian mendapatkan informasi rencana pengiriman narkoba untuk pergantian tahun. Rencana ini dikendalikan oleh HT yang merupakan residivis kasus perampokan dan sudah dua tahun masuk penjara.

Erick menduga selama di penjara, HT kemudian berteman dengan sejumlah jaringan narkoba lapas dan mengembangkan jaringan. Ia mempelajari sistem masuk barang dari Taiwan ke Indonesia. Teori ini kemudian ia praktekan saat keluar penjara, beberapa kali penyelundupan berhasil dilakukan kelompok ini.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0019 seconds (0.1#10.140)