Review Film Horor Siksa Kubur, Tayang 11 April 2024

Kamis, 11 April 2024 - 07:55 WIB
loading...
Review Film Horor Siksa Kubur, Tayang 11 April 2024
Film Siksa Kubur mulai tayang pada Kamis, 11 April 2024 dan merupakan film horor dari Joko Anwar. Foto/Come and See Pictures
A A A
JAKARTA - Siksa Kubur merupakan film perdana Joko Anwar bersama dengan rumah produksi miliknya, yaitu Come and See Pictures.

Secara singkat, Siksa Kubur berkisah tentang kakak beradik Sita (Faradina Mufti) dan Adil (Reza Rahadian) yang kehilangan orang tuanya karena pelaku bom bunuh diri yang mengaku mendengar suara siksa kubur. Keduanya lantas mencoba membuktikan apakah siksa kubur itu benar-benar ada atau tidak.

Demi membuktikan rasa penasarannya, Sita memilih bekerja sebagai perawat di panti jompo, sementara Adil sebagai pengurus mayat. Hal-hal buruk pun terjadi setelah Sita ikut dikubur bersama jasad Wahyu yang semasa hidupnya banyak berbuat dosa.



Film ini dikemas dengan sangat baik sehingga durasi sekitar dua jam tidak terasa dan tidak membosankan. Ini karena perpindahan adegan yang dilakukan ciamik, membuat penonton juga terus dibuat penasaran.

Apalagi, cerita dibuat dengan alur maju-mundur, membuat penonton akan hanyut terbaa suasana dalam film.Plot twist yang dihadirkan dari film ini juga tidak mudah ditebak oleh penonton.

Review Film Horor Siksa Kubur, Tayang 11 April 2024

Foto: Come and See Pictures

Untuk urusan cerita, Siksa Kubur benar-benar unik karena menampilkan sudut pandang baru yaitu sosok Sita yang tidak mempercayai hal-hal yang tak nyata, termasuk agama, dalam menanggapi tentang siksa kubur.

Dengan segudang pengalaman yang dimiliki oleh Joko Anwar, tentu atmosfer yang ditampilkan dalam film ini benar-benar dapat membuat para penonton merinding sekaligus penasaran dengan kejadian apa yang akan terjadi selanjutnya.

Ditambah dengan sinematografi khas Joko Anwar yang selalu mampu menampilkan kesan misteri, menegangkan, dan menyeramkan. Tentu saja, latar musiknya juga akan membuat suasana makin mencekam.

Selain alur, lighting, dan musik yang memadai, kualitas editing dari film ini juga tidak diragukan lagi. Sehingga beberapa scene terkesan sangat nyata dan sangat dekat dengan kita para penonton. Bisa dibilang, ini jadi salah satu film Joko Anwar dengan nilai produksi terbaik.

Peran aktor dalam film juga menjadi elemen penting untuk menambah kualitas film Siksa Kubur. Berakting apik sesuai dengan karakter yang mereka perankan, pesan yang coba disampaikan dalam film ini dapat diterima dengan baik oleh penonton.

Review Film Horor Siksa Kubur, Tayang 11 April 2024

Foto: Come and See Pictures

Para aktor dari film ini juga sangat totalitas, salah satu contohnya adalah Faradina Mufti yang rela dikubur hidup-hidup dalam menjalankan suatu adegan. Selain itu juga Reza Rahadian yang pernah bermain dalam film horor pada 2008 juga tak perlu dirgukan lagi kualitas aktingnya.

Yang juga menarik adalah pendekatan Joko dalam film ini, yaitu pesan bahwa agama bukanlah sebuah objek yang dapat dilihat dengan mata, melainkan dengan keyakinan dan keimanan.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki Siksa Kubur, sebenarnya agak disayangkan bahwa Joko masih masih banyak menampilkan trik horor klasik adegan jumpscare. Hal ini tentu akan membuat beberapa penonton merasa kurang nyaman karena alih-alih rasa takut, justru efek yang ditimbulkan hanyalah perasaan terkejut.



Meski begitu film ini tetap menjadi salah satu film terbaik karya Joko Anwar dan sangat layak ditonton sambil mengisi masa libur Lebaran.

Film Siksa Kubur tayang mulai 11 April 2024 di jaringan bioskop. Selain Faradina Mufti dan Reza Rahadian, pemain lainnya ada Christine Hakim, Slamet Rahardjo, Fachri Albar, Muzakki Ramadhan, Happy Salma, Niniek L. Karim, Arsendy Bening Swara, Widuri Putri, Djenar Maesa Ayu, Jajang C.Noer, Putri Ayundya, Runny Rudiyanti, Afrian Arisandy, Ramadhan Al Rasyid, dan Haydar Salishz.

MG/Akbar Nugroho
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)