alexametrics

DPRD Dukung Pemprov DKI Terapkan ERP untuk Sepeda Motor

loading...
DPRD Dukung Pemprov DKI Terapkan ERP untuk Sepeda Motor
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Foto: SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - DPRD mendukung rencana Pemprov DKI Jakarta menerapkan sistem electronic road pricing (ERP) atau sistem jalan berbayar untuk sepeda motor di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi meyakini, apabila kebijakan tersebut diterapkan, dapat mengajak pengguna sepeda motor berpindah menggunakan angkutan massal. Hal itu mengingat saat ini pemerintah pusat tengah gencar-gencarnya membangun fasilitas transportasi massal, antara lain MRT dan LRT.

Namun, ia mengingatkan agar fasilitas transportasi umum yang tengah dibangun jangan sampai mematok harga tinggi. Dengan begitu masyarakat mau berpindah moda dari kendaraan pribadi ke angkutan massal.



"Jadi gini, harus obyektif memandang, itu pemerintah sedang bangun transportasi masal, ada namanya MRT, LRT, busway. Nah, pemerintah harus berfikir bagaimana pembayaran masyarakat untuk naik ke situ, tapi jangan kemahalan, harus yang bijak supaya orang lari ke situ," kata Prasetio di Gedung DPRD, Kamis (22/11/2018).

Saat ini, kata Prasetyo, di negara lain masyarakatnya sudah berpindah ke moda transporrtasi massa, karena pemerintah membangun fasilitas transportasi yang baik. Politisi PDIP ini berharap masyarakat nantinya bisa menikmati fasilitas transportasi massal yang dibangun pemerintah. Dengan begitu kemacetan yang sering terjadi di Jakarta bisa terurai.

"Bagaimana mengurai macet? Cuman itu caranya. Akhirnya uang masyarakat bisa disimpan buat kepentingan lain. Sekarang pembangunan sudah bagus sekali dari Thamrin ke Sudirman sangat bagus, pakai motor nanti bisa ditaro dimana, kan terintegrasi semua," jelasnya.

Pemprov DKI Jakarta akan melakukan simulasi pelaksanaan ER di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Simulasi ERP ini juga akan diuji cobakan untuk sepeda motor.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak