Putin 2 Kali Lebih Disukai Dibanding Biden di Timur Tengah dan Afrika

Selasa, 09 April 2024 - 11:31 WIB
loading...
Putin 2 Kali Lebih Disukai Dibanding Biden di Timur Tengah dan Afrika
Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu Presiden AS Joe Biden. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Saat ini, Rusia dan China sudah memainkan peran yang lebih penting di Timur Tengah dan Afrika Utara, dibandingkan sepuluh tahun yang lalu.

Dalam satu dekade mendatang, kedua negara bisa menyaingi pengaruh Amerika Serikat (AS) di wilayah tersebut. Hal itu terungkap dalam jajak pendapat baru-baru ini di Mesir, Turki, Irak, dan Tunisia.

Jajak pendapat tersebut dilakukan Al-Monitor bekerja sama dengan perusahaan analisis data Premise antara tanggal 4 Maret dan 22 Maret 2024.

Survei itu menanyai 2.670 responden di empat negara bagian mengenai pandangan mereka mengenai dinamika kekuasaan di wilayah tersebut.

Ketika ditanya manakah dari tiga pemimpin dunia yang mereka anggap “paling disukai”, sekitar 44,4% memilih Presiden Rusia Vladimir Putin, diikuti Presiden China Xi Jinping dengan sekitar 33,8%, sementara hanya 21,7% yang menjawab mereka lebih memilih Presiden AS Joe Biden.

Putin dipandang lebih disukai di keempat negara bagian, terutama di Mesir (51,6%). Biden sedikit lebih populer di Irak (29,2%) dari semua negara bagian, namun masih menduduki peringkat ketiga setelah Putin (35,5%) dan Xi (35,3%).

Al-Monitor berpendapat popularitas Washington menurun karena dukungannya terhadap perang Israel di Gaza, namun mencatat banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi opini.



Para responden hampir terpecah mengenai apakah Washington (30%) atau Moskow (28%) “yang paling berhasil menengahi perselisihan politik di Timur Tengah.”

Namun, lebih dari 40% setuju AS masih “memiliki perlengkapan terbaik untuk membantu menyelesaikan perang Israel-Hamas,” dibandingkan dengan Rusia yang berjumlah 27,9% dan China yang berjumlah 13,4%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)