9 Cara Mencegah Asam Urat Kambuh saat Lebaran, Hindari Konsumsi Makanan Tinggi Purin

Senin, 08 April 2024 - 14:00 WIB
loading...
9 Cara Mencegah Asam Urat Kambuh saat Lebaran, Hindari Konsumsi Makanan Tinggi Purin
Cara mencegah asam urat kambuh saat Lebaran bisa dilakukan dengan memperhatikan pola makan dan gaya hidup. Salah satunya menghindari makanan tinggi purin. Foto/Verywell Health
A A A
JAKARTA - Cara mencegah asam urat kambuh saat Lebaran bisa dilakukan dengan memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehari-hari. Salah satunya dengan menghindari konsumsi makanan tinggi purin.

Asam urat merupakan kondisi radang sendi yang umum dan kompleks yang dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini ditandai dengan serangan nyeri hebat, bengkak, kemerahan, dan nyeri tekan yang tiba-tiba dan parah pada satu sendi atau lebih, paling sering pada jempol kaki.

Serangan asam urat bisa terjadi secara tiba-tiba, seringkali membuat terbangun di tengah malam dengan sensasi jempol kaki terbakar. Sendi yang terkena terasa panas, bengkak, dan sangat nyeri sehingga beban sprei di atasnya pun terasa tidak tertahankan.

Cara Mencegah Asam Urat Kambuh saat Lebaran



Gejala asam urat biasanya datang dan pergi, tetapi ada cara untuk mencegah kekambuhan. Berikut cara mencegah asam urat kambuh saat Lebaran dilansir dari Mayo Clinic, Senin (8/4/2024).



9 Cara Mencegah Asam Urat Kambuh saat Lebaran, Hindari Konsumsi Makanan Tinggi Purin

Foto/Infografi SINDOnews

1. Batasi Konsumsi Makanan Tinggi Purin


Hindari atau batasi konsumsi makanan yang tinggi purin seperti daging merah, makanan laut (sarden, teri, udang), dan jeroan (hati, ginjal, otak). Konsumsi purin berlebihan dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.

2. Pilih Makanan Rendah Purin


Prioritaskan konsumsi makanan rendah purin seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak.

3. Hindari Makanan Tinggi Fruktosa


Batasi konsumsi makanan atau minuman yang tinggi fruktosa seperti minuman bersoda dan makanan manis. Konsumsi fruktosa berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)