Berjuang Melawan Covid-19, Begini Siswa PAUD di Jakarta Semarakkan HUT Kemerdekaan RI

Minggu, 16 Agustus 2020 - 21:42 WIB
loading...
Berjuang Melawan Covid-19, Begini Siswa PAUD di Jakarta Semarakkan HUT Kemerdekaan RI
perlombaan yang dilakukan secara virtual bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme anak-anak kepada NKRI. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 di tengah pandemi Covid-19, para pengajar di PAUD Mawar 07, Kelurahan Jati, Pulogadung, Jakarta Timur, punya cara tersendiri. Mereka menyelenggarakan perlombaan menyanyi bertajuk konser mini virtual Hari Kemerdekaan RI Ke-75.

Seorang pengajar PAUD Mawar 07, Siti Soraya, mengatakan, perlombaan yang dilakukan secara virtual bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme anak-anak kepada NKRI.

"Kalau dulu pahlawan berperang lawan penjajah, kalau sekarang anak-anak dan masyarakat berjuang lawan virus Corona. Mereka juga bisa jadi pahlawan dengan cara melindungi diri sendiri dari potensi penyebaran virus," kata Siti saat dikonfirmasi, Minggu (16/8/2020). (Baca juga: Patuhi Seruan Gubernur, Perlombaan Panjat Pinang di Kalimalang Ditiadakan)

Rangkaian perlombaan untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI sudah dimulai sejak pekan lalu. Murid PAUD dan warga sekitar boleh mengikuti kegiatan tersebut. Perlombaan sendiri dibagi ke dalan dua ketegori, yakni lomba foto mengenakan APD dan konser mini menyanyikan lagu Hari Merdeka.

"Lomba foto ada 4 foto yang harus diunggah terkait melawan corona, foto mengenakan masker, face shield, sabun cuci tangan dan buah-buahan untuk mencegah virus corona. Saat foto kami bebaskan orang tua untuk berkreasi," ujarnya.

Lomba mini konser sendiri anak-anak dan anggota keluarga harus menyanyikan lagu Hari Kemerdekaan dengan atrihut merah putih. (Baca juga: Satpol PP DKI Akan Bubarkan Kegiatan Lomba 17-an di Jakarta)

"Kalau videonya kami minta anak-anak dan orang tua menyanyikan lagu Hari Merdeka. Tim juri yang meniali ada dari sudin pendidikan dan asosiasi paduan suara dari PAUD se-Jakarta," katanya.

Kegiatan itu disambut antusias orang tua murid. Sebanyak 28 video telah dikirimkan dan semua videi terlihat sangat meriah. Para anak-anak berumur 4-6 tahun tersebut bahkan ikut mendekorasi rumahnya dengan atribut merah putih.

"Orang tuanya terutama antusia sekali, ada yang bikin panggung sendiri, ada yang hias rumahnya pakai balon-balon merah putih. Jadi meski saat pandemi, anak-anak tetap bersemangat," ucapnya. (Baca juga: Langgar Prosedur, Ahli Epidemiologi UI Ragukan Obat COVID-19 Unair)
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)