alexametrics

Antisipasi Rob, Pemkot Jakut Siapkan Ribuan Karung Pasir

loading...
Antisipasi Rob, Pemkot Jakut Siapkan Ribuan Karung Pasir
Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menghadapi intensitas hujan yang meninggi, Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara mulai mempersiapkan 8.000 karung pasir. Karung ini nantinya akan disebar di pantai utara Jakarta menghadang rob di musim penghujan.

Kawasan pemukiman padat seperti Muara Angke dan Luar Batang di Penjaringan serta Rusunawa Marunda di Cilincing menjadi beberapa lokasi yang rawan rob.

Kasudin SDA Jakarta Utara, Santo menegaskan selain memprioritaskan dua kecamatan itu, pihaknya juga menyiagakan empat kecamatan lainnya. Karung pasir bakal dibagikan secara merata di sejumlah wilayah. “Masing masing kecamatan yang ada di Jakarta Utara akan mendapat 1.000 karung pasir,” kata Santo, Rabu (7/11/2018).

Artinya dengan demikian, untuk langkah awal 6.000 karung di siagakan di enam kecamatan yang ada. Sementara sisanya, 2.000 karung disiagakan di Kantor Sudin dan bakal di distribusikan ketika membutuhkan.

“Jadi kalau jumlah karung pasir di kecamatan kurang, ditambah dari sini,” tambahnya.

Dengan disebarnya sejumlah karung karung pasir, Santo berharap antisipasi kemungkinan terburuk, seperti tanggul jebol bisa dilakukan pihaknya. Karung itu nantinya akan menutupi beberapa tanggul yang jebol sehingga menghambat air.

Sebelumnya pada tahun lalu. Banjir rob sempat menerjang kawasan Penjaringan, yakni Muara Angke dan kawasan luar batang. Kala itu dua rumah di kawasan itu di rendam air usai tanggul bolong. Air kemudian masuk ke pemukiman warga, puluhan warga kemudian mengungsi akibat kejadian ini.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak