Ajaib! Sempat Menghilang 130 Tahun, Danau Ini Muncul Lagi

Senin, 01 April 2024 - 17:05 WIB
loading...
Ajaib! Sempat Menghilang 130 Tahun, Danau Ini Muncul Lagi
Danau Tulare di California sempat hilang dan kini muncul lagi. (Foto: TCD)
A A A
JAKARTA - Danau Tulare yang dikenal sebagai Pa’ashi oleh suku Tachi Yokut merupakan danau terbesar di Lembah San Joaquin, California. Danau ini sempat menghilang sejak tahun 1898 namun kini telah kembali setelah air sungai Atmosfer membanjiri wilayah tersebut.

Laman TCD, Senin (01/04/2024) melaporkan, Vivian Underhill, peneliti pascadoktoral di Universitas Northeastern, mencatat bahwa danau tersebut sebagian besar ditopang oleh pencairan salju dari pegunungan Sierra Nevada dan memiliki panjang 100 mil dan lebar 30 mil pada puncaknya.

Danau Tulare dahulu berfungsi sebagai sumber daya utama bagi suku-suku setempat dan satwa liar serta jalur angkutan manusia dan komoditas pertanian ke seluruh negara bagian.

Pemerintah kemudian menggusur masyarakat adat setempat untuk mengubah wilayah tersebut dari lahan basah menjadi lahan pertanian melalui pengeringan dan irigasi pada tahun 1800-an.

“Mereka benar-benar ingin menyerahkan tanah ke tangan swasta sehingga klaim tanah adat – yang masih berlangsung pada saat itu – dapat diperdebatkan pada saat mereka harus melalui pengadilan,” kata Underhill kepada Northeastern Global News. "Itu adalah proyek kolonial yang dihuni oleh pemukim."



Secara berkala Danau Tulare muncul selama tahun 1930-an, 60-an, dan 80-an. Rentetan sungai atmosfer yang dialami California pada tahun 2023 menyebabkan kembalinya Danau Tulare, walau wilayah tersebut hanya menerima curah hujan 4 inci setiap tahunnya. Menurut Underhill, Danau Tulare kini berukuran sama dengan Danau Tahoe, yakni panjang 22 mil dan lebar 12 mil.

Kemunculan Danau Tulare telah mengembalikan angin lembab yang suhunya setidaknya 10 derajat lebih dingin dibandingkan suhu rata-rata spesies asli, termasuk ikan, amfibi, dan burung. Danau tersebut pernah menjadi titik perhentian burung-burung yang bermigrasi melalui rute yang dikenal sebagai Jalur Terbang Pasifik. Suku Tachi Yokut juga telah kembali ke Danau Tulare dan bercocok tanam di sekitar danau.

“Sesuatu yang terus membuat saya takjub adalah – burung-burung tahu cara menemukan danau itu lagi,” kata Underhill kepada Northeastern Global News. “Sepertinya mereka selalu mencarinya.”



Mengakui Pa'ashi sebagai pusat ekosistem bentang alam, kata Underhill, akan mengubah perspektif tentang lembah ini, bukan lagi sebagai kawasan pertanian produktif. Namun lebih pada fungsi penyimpanan air, perlindungan terhadap banjir, dan perubahan besar dalam restorasi ekologi.

"Saya menyukai fakta bahwa ia kembali untuk kita. Saya menyukai kenyataan bahwa ia mengambil alih tanah yang diambil dari kami. Saya menyukai kenyataan bahwa ia tangguh dan masih terus kembali, bahkan melalui kehancuran, yang mereka coba lakukan. Ambillah itu," kata Kenny Barrios, penghubung budaya untuk suku Tachi Yokut. “Danau itu sama seperti kita.”

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2531 seconds (0.1#10.140)