Inovasi Teknologi Digital Mendorong Wakaf Menjadi Produktif

Selasa, 02 April 2024 - 23:59 WIB
loading...
Inovasi Teknologi Digital Mendorong Wakaf Menjadi Produktif
Dompet Dhuafa selaku nazhir telah berhasil menjalankan investasi dan mengembangkan aset wakaf produktif. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Era teknologi memberikan banyak kemudahan bahkan untuk urusan zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ziswaf) melalui aplikasi online.

BACA JUGA - Ekosistem Digital dan Ekologi Digital

Lewat aplikasi ziswaf online, berdonasi atau berbagi untuk sesama bisa dilakukan lebih mudah. Meski demikian, menemukan aplikasi ziswaf online yang tepat pada saat ini cukup sulit.

Sebab, tidak banyak lembaga atau penyedia layanan yang memiliki kredibilitas yang mumpuni. Oleh karena itu, Dompet Dhuafa (DD) melalui Tim Teknologi dan Digital Dompet Dhuafa menghadirkan dan mengembangkan DD Apps sebagai aplikasi donasi online.

Menjawab berbagai kebutuhan di masyarakat melalui wakaf produktif, Dompet Dhuafa selaku nazhir telah berhasil menjalankan investasi dan mengembangkan aset wakaf produktif. Salah satunya dapat kita lihat di Kawasan Zona Madina yang berlokasi di Parung, Bogor, Jawa Barat.

Di kawasan Zona Madina, miniatur porgram wakaf produktif lahir melalui berbagai program yang berlokasi di satu kawasan di antaranya: program kesehatan di RS Rumah Sehat Terpadu (RST), program pendidikan di STIM Budi Bakti, serta program dakwah dan budaya di Masjid Al Madinah. Terus luaskan kebaikan wakaf yang pahalanya mengalir abadi melalui wakaf bersama Dompet Dhuafa dan kekalkan kebaikanmu melalui wakaf.

Kemudian, terdapat pula fitur lain, seperti Laporan Publik Dompet Dhuafa, pendaftaran Care Visit bagi donatur yang ingin terjun dalam program pemberdayaan Dompet Dhuafa, pendaftaran Dompet Dhuafa Volunteer (DDV), serta Berita Baru untuk informasi kegiatan Dompet Dhuafa.

Dompet Dhuafa mengembangkan DD Apps melalui transparansi kepada publik dan donatur. Oleh karenanya, setiap pengguna yang meng-install DD Apps akan mendapat laporan penggunaan dana kegiatan donasi di aplikasi tersebut.

Dalam mekanismenya, pengguna dapat memilih jenis program bantuan dan mengecek riwayat donasi yang sudah tersalurkan melalui aplikasi tersebut.

Senada dengan fitur kurban, pengguna akan mendapat laporan lengkap mengenai perjalanan kurban, seperti prakurban, pemilihan hewan kurban, lokasi penyembelihan, hingga laporan pascadistribusi hewan kurban.

Lebih lanjut, proses pembayaran donasi pada aplikasi ini mudah dan praktis. Pengguna dapat melakukan pembayaran lewat sejumlah opsi, seperti mobile banking, anjungan tunai mandiri (ATM), virtual account, hingga e-wallet yang cukup beragam.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3011 seconds (0.1#10.140)