Kapan Malam Nuzulul Qur'an 2024? Ini Penjelasan Versi Kemenag dan Muhammadiyah

Selasa, 26 Maret 2024 - 07:45 WIB
loading...
Kapan Malam Nuzulul Quran 2024? Ini Penjelasan Versi Kemenag dan Muhammadiyah
Semua ulama dan lembaga keislaman sepakat malam Nuzulul Qur’an bertepatan pada 17 Ramadan, tetapi karena ada perbedaan memulai 1 Ramadan maka malam Nuzulul Quran di Indonesia berbeda tanggalnya. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Kapan malam Nuzulul Qur'an tahun 2024? Pertanyaan ini menyeruak mengingat adanya perbedaan memulai bulan Ramadannnya. Namun yang pasti, semua ulama dan lembaga keislaman sepakat malam Nuzulul Qur’an bertepatan pada 17 Ramadan. Hanya saja, karena di Indonesia ada dua perbedaan mengawali 1 Ramadannya, maka malam Nuzulul Qur'an pun ada dua versi.

Jika awal puasa Ramadan mengacu pada keputusan PP Muhammadiyah, malam Nuzulul Quran jatuh pada Selasa, 26 Maret 2024 atau malam nanti.
Sementara bila awal puasa Ramadan mengikuti keputusan Kementerian Agama (Kemenag), maka malam Nuzulul Quran jatuh pada Rabu, 27 Maret 2024, atau besok malam.

Seperti diketahui, Nuzulul Quran merupakan peristiwa penting bagi sejarah umat muslim , karena malam tersebut untuk pertama kalinya Al-Qur’an sebanyak lima ayat kepada Rasulullah SAW, dan pada malam itu juga Nabi Muhammad diutus sebagai Nabi.

Pada saat turunnya Al Qur'an itu, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam sedang tidur di Gua Hira dan dihampiri oleh Malaikat Jibril yang membawa selembar wahyu. Jibril langsung memerintahkan Nabi Muhammad untuk membaca waktu tersebut. Akan tetapi, Nabi Muhammad tidak bisa membacanya. Lalu, Jibril mendekap Nabi Muhammad beberapa kali dan terus memaksanya untuk membaca.

Hingga akhirnya, Nabi Muhammad membaca wahyu tersebut. Wahyu itu merupakan surat pertama yang turun ke bumi, yakni Surah Al-Alaq ayat 1-5. “Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan. Menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah. Dan Tuhanmu Maha Pemurah. Yang mengajarkan dengan pena. Mengajarkan kepada manusia apa yang belum diketahuinya,” (Q.S. Al-Alaq: 1-5)

Pada malam ini banyak sekali amalan yang bisa Anda dapatkan. Melansir dari NU online, terdapat kegiatan untuk mengisi malam Nuzulul Qur’an
1. Membaca Al-Qur’an
2. Perbanyak I’tikaf
3. Melaksanakan salat malam dan berdoa



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2578 seconds (0.1#10.140)