alexametrics

Satu-satu Dikerjakan, Anies: Insya Allah 4 Tahun ke Depan Tuntas

loading...
Satu-satu Dikerjakan, Anies: Insya Allah 4 Tahun ke Depan Tuntas
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Foto/Dok/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan optimistis semua rencana kerja yang dijanjikan dalam kampanye dapat dikerjakan selama lima tahun kepemimpinannya. Target tahun pertama memasukan janji ke dalam rencana pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) telah tercapai.

Anies mengatakan, pada tahun pertama kepemimpinannya, dirinya bersyukur telah melaksanakan sebagian dan menyusun program kegiatan dalam anggaran 2019 yang mencerminkan RPJMD. Termasuk dalam penyusunan anggaran perubahan 2018, dimana program DP 0 Rupiah itu akhirnya bisa dilaksanakan Oktober setelah masuk dalam perubahan anggaran pada September.

"Target ditahun pertama adalah memasukkan janji-janji ke dalam RPJMD. Dengan itu, janji bisa diberikan alokasi anggaran. Kalau tidak masuk RPJMD, kita tidak bisa mengalokasikan dan itu adalah tantangan terbesar di tahun pertama," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, kemarin.

Anies menjelaskan, pelaksanaan janji yang sudah masuk dalam program kegiatan dilakukan secara bertahap dalam lima tahun kedepan. Seperti kegiatan prioritas DP 0 Rupiah yang sedang dibangun 717 unit dari anggaran perubahan 2018 dan akan bertambah pada tahun-tahun berikutnya.

Artinya, lanjut Anies, janji-janji kampanye yang dituangkan dalam RPJMD itu sudah memiliki pondasi dan siap diteruskan pada tahun kepemimpinan kedua, ketiga, keempat dan kelima.

"Janji-janji kita tunaikan satu-satu dan komitmen kami adalah melaksanakan yang menjadi rencana. Itulah yang kita kerjakan satu tahun ini dan insya Allah empat tahun ke depan bisa menuntaskannya," tegasnya.

Dalam anggaran perubahan 2018, program DP 0 Rupiah diberikan anggaran sekitar Rp700 Miliar kepada PT Sarana Jaya selau perusahaan daerah untuk membangun sekitar 780 unit rumah. Kemudian pada Anggaran 2019, sarana Jaya kembali mengusulkan DP 0 Rupiah sebesar Rp 2,2 Triliun.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi menyatakan tidak akan menghalangi usulan anggaran yang kepentinganya terkait janji-janji dalam visi-misi RPJMD. Menurutnya, terwujud atau tidaknya janji kampanye dalam kepemimpinan Anies akan terlihat sendiri pada nantinya.

"Kita lihat implementasinya kayak apa, ntar terjawab sendiri kok," ungkapnya.

Sementara itu, Kamar Dagang Industri (Kadin) DKI Jakarta mengapresiasi berbagai keberhasilan program pemerintah DKI Jakarta di tahun pertama kepemimpinan Gubernur Anis Baswedan seperti lanjutan berbagai pembangunan infrastruktur MRT, pembangunan fasilitas publik trotoar, realisasi pendapatan daerah tahun anggaran 2017 yang naik 103.69% sebesar Rp64,82 triliun, kenaikan jumlah aset yang mencapai Rp464,60 triliun naik Rp21,62 triliun dari tahun sebelumnya, program OK OCE di 44 Kecamatan dengan jumlah peserta sebanyak 53.798 wirausaha serta operasi pasar dalam rangka menstabilkan harga pokok pangan di DKI Jakarta yang saat lebaran tahun ini sangat stabil.

Wakil Ketua Kadin DKI Jakarta, Sarman Simanjorang melihat masih banyak keberhasilan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu-persatu, tapi dari sisi pengusaha tentu ini suatu program yang mampu menggairahkan perekonomian di DKI Jakarta.

"Setidaknya Gubernur Anis sudah mampu memberikan jawaban atas janji kerja yang disampaikan saat kampanye dulu. Pondasi perencanaan yang kuat sudah dirintis tinggal mengimplementasikan dalam RPJMD yang tersebar di berbagai SKPD untuk direalisasikan dalam sebuah program untuk mewujudkan visi dan misi Gubenur," jelasnya.

Kadin DKI Jakarta sebagai mitra stretegis, kata Sarman siap bermitra dan mendukung berbagai kebijakan Gubernur untuk mewujudkan Jakarta kota maju,lestari dan berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban,keadilan dan kesejahteraan bagi semua.

"Ketegasan dan komitmen Gubernur Anies untuk cepat merespon berbagai keluhan pelaku usaha sangat kita apresiasi. Berbagai inovasi pelayanan perizinan melalui Dinas PM & PTSP DKI jakarta merupakan bentuk responsif dan pelayanan perizinan yang semakin baik dari Pemprov DKI Jakarta," pungkasnya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak