Jenderal Pemilik Wing Penerbang TNI AD, Nomor 1 Lulusan Terbaik di Tiga Pendidikan Militer Berbeda

Minggu, 24 Maret 2024 - 05:08 WIB
loading...
Jenderal Pemilik Wing Penerbang TNI AD, Nomor 1 Lulusan Terbaik di Tiga Pendidikan Militer Berbeda
Upacara penyerahan Wing Kehormatan Penerbang TNI AD kepada KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak di Pangkalan Utama TNI AD (Lanumad) Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (6/12/2023). FOTO/INSTAGRAM TNI AD
A A A
JAKARTA - Sejumlah Jenderal TNI memiliki Wing Penerbang TNI AD yang tersemat di dada kanan seragam militernya. Salah satunya merupakan peraih penghargaan Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) 1978 serta lulusan terbaik dua pendidikan militer lainnya.

Berdasarkan ketentuan PP Nomor 39 Tahun 2010, Jenderal adalah pangkat tertinggi dalam golongan pangkat Perwira Tinggi (Pati) TNI. Golongan pangkat di bawahnya adalah Letnan Jenderal (Letjen), Mayor Jenderal (Mayjen), dan Brigadir Jenderal (Brigjen). Karena itu hanya segelintir prajurit TNI yang berhasil mendapatkan jenderal bintang 4 tersebut.

Sementara Wing Penerbang TNI AD merupakan brevet yang diberikan kepada prajurit korps Penerbang TNI AD yang telah mengikuti pendidikan transisi penerbangan dari Co-pilot ke Pilot. Dalam sejarahnya, terdapat sejumlah jenderal yang memiliki Wing Penerbang TNI AD. Siapa saja mereka?

Baca juga: Mutasi TNI Terbaru! Kabais, Pangdam hingga Kepala RSPAD Gatot Soebroto Diganti

Jenderal Pemilik Wing Penerbang TNI AD

1. Jenderal TNI (Purn) Budiman

Jenderal Pemilik Wing Penerbang TNI AD, Nomor 1 Lulusan Terbaik di Tiga Pendidikan Militer Berbeda

FOTO/Perpustakaan Pusat Angkatan Darat, Dinas Sejarah TNI Angkatan Darat

Jenderal Pemilik Wing Penerbang TNI AD yang pertama adalah Budiman. Dia merupakan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) periode 30 Agustus 2013 – 25 Juli 2014.

Budiman merupakan jebolan Akabri tahun 1978 dan penerima Adhi Makayasa-Tri Sakti Wiratama. Karier militer Budiman cukup cemerlang. Selain peraih Adhi Makayasa, pemilik Satyalencana Seroja ini merupakan lulusan terbaik Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat (Seskoad) tahun 1994 dan lulusan terbaik Wira Adi Nugraha Sesko TNI 2001.

Tentara yang memulai karier sebagai Komandan Peleton Yonzipur 3 Kodam III/Siliwangi pada 1979 ini satu-satunya perwira dari Korps Zeni yang sukses meraih hat-trick lulusan terbaik. Kecemerlangannya di dunia pendidikan sejalan dengan karier militernya yang bersinar terangnya. Puncak karier militernya ketika ditunjuk menjadi KSAD menggantikan Jenderal TNI Moeldoko yang promosi menjadi Panglima TNI.

Sejumlah jabatan strategis pernah dia emban selama karier militernya. Mulai dari Dirjakstra Ditjen Strahan Dephan (2008), Pa Sahli Tk. III Bidang Polkamnas Panglima TNI dan Sesmilpres Kemsetneg (2008), Pangdam IV/Diponegoro (2009), Dankodiklat TNI AD (2010), Wakil KSAD (2011), Sekjen Kemhan (2013), dan KSAD (2013).

Sebagai tentara kaya pengalaman, Budiman mengoleksi sejumlah brevet militer, antara lain Wing Penerbang TNI AD Kelas I, Brevet Kavaleri Berkuda, Partfinder Badge (US Army), Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Para Dasar. Kemudian Brevet Jihandak Zeni, Brevet Nubika Zeni, dan Brevet Kualifikasi Intai Tempur (Taipur). Selain itu, Budiman juga mendapatkan brevet kehormatan, yakni Brevet Komando Korpaskhas, Brevet Hiperbarik TNI AL, Brevet Hiu Kencana, dan Brevet Penerbang TNI AU Kelas I.

2. Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso

Jenderal Pemilik Wing Penerbang TNI AD, Nomor 1 Lulusan Terbaik di Tiga Pendidikan Militer Berbeda

FOTO/BUKUMemenuhi Amanat Bangsa, Kontingen Garuda XXII-A/UNIFIL di Lebanon, 2008
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2680 seconds (0.1#10.140)