Uji Coba E-Tilang, Polisi Gunakan 4 CCTV di Sudirman-Thamrin

Senin, 15 Oktober 2018 - 14:13 WIB
Uji Coba E-Tilang, Polisi Gunakan 4 CCTV di Sudirman-Thamrin
Uji Coba E-Tilang, Polisi Gunakan 4 CCTV di Sudirman-Thamrin
A A A
JAKARTA - Polisi masih mempertimbangkan penambahan Closed Circuit Television (CCTV) untuk membantu pelaksanaan sistem electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik (E-Tilang). Kini sudah ada empat unit kamera yang digunakan dalam uji coba.

"Memang kita baru memasang di dua tempat, dari dua tempat ini kita uji coba, kira-kira kamera sudah efektif apa belum. Lokasi ini sudah efektif atau belum," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf di Jakarta, Senin (15/10/2018).

Menurutnya, pemasangan empat kamera asal negeri Tiongkok itu untuk melihat apakah hal tersebut efektif atau tidak. Pada awal penerapan uji coba pada 1 Oktober 2018, baru dua kamera yang digunakan di dua lokasi kawasan Sudirman-Thamrin.

Selain itu, kata dia, guna mencari tahu efektif atau tidaknya, semua kesiapan harus dipastikan komplet. Misalnya saja sudah jelasnya marka, rambu lalu lintas, lalu apakah lampu merah sudah stabil, dalam artian tidak sering mati.

"Jangan sampai kita sudah menambah kamera banyak tiba-tiba tak efektif kan percuma, sudah keluarkan anggaran besar tak ada manfaatnya disitu," tuturnya. (Baca Juga: CCTV E Tilang Terpasang di Thamrin, Uji Coba Dipastikan Awal Oktober
Apabila semua kesiapan dianggap sudah lengkap, tambahnya, maka polisi akan melakukan penambahan kamera pada tahun 2019 mendatang.

"Nanti tahun depan kita laksanakan kamera yang sebanyak mungkin. Pasti untuk penambahan secara setting (kamera) nanti tahun depan. Kita nanti juga coba di simpang mana lagi gitu," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5079 seconds (0.1#10.140)