Hiu Hantu Jenis Baru Ditemukan di Thailand

Sabtu, 23 Maret 2024 - 18:00 WIB
loading...
Hiu Hantu Jenis Baru Ditemukan di Thailand
Hiu hantu yang ditemukan di Laut Andaman. (Foto: Raffles Bulletin of Zoology)
A A A
JAKARTA - Para peneliti menemukan hiu hantu jenis baru di Laut Andaman, Thailand. Bentuk hiu hantu ini tidak seperti yang pernah terlihat sebelumnya. Ia memiliki kepala besar, mata besar berkilau, dan sirip seperti bulu.

Hiu hantu yang baru ditemukan ini diberi nama Chimaera supapae. Ia termasuk dalam kelompok ikan purba yang disebut Chimaeriformes, kerabat jauh hiu dan pari.

Penemuan baru ini dituangkan dalam makalah ilmiah yang diterbitkan pada 6 Maret di The Raffles Bulletin of Zoology. David Ebert, penulis utama studi dan kepala Pusat Penelitian Hiu Pasifik di San José State University di California, mengatakan, Chimaera jarang ditemukan di bagian dunia ini.

Chimaera hidup di laut dalam, tinggal di sepanjang lereng dan punggung dasar laut. Mereka lebih menyukai kedalaman di bawah 500 meter, dengan air gelap. Chimaera memakan makhluk seperti krustasea, moluska, dan cacing yang hidup di dasar laut.

Menurut Ebert, sebelumnya hanya ada 53 jenis chimaera di seluruh dunia. Habitat mereka di laut dalam membuatnya sulit dideteksi, terutama di Laut Andaman, di mana beberapa area memiliki kedalaman lebih dari 4.400 meter.



Chimaera juga dikenal sebagai hiu hantu dan ikan tikus karena mata besarnya yang berkilau dan tubuh ramping yang menyerupai tikus. Beberapa jenis chimaera dapat mencapai panjang hingga 2 meter.

Selama proyek survei laut dalam pada tahun 2018, para ilmuwan menemukan tubuh chimaera jantan yang belum dewasa. Penemuan ini terjadi saat pukat dasar di Laut Andaman pada kedalaman mulai dari 772 hingga 775 meter di bawah permukaan.

Para peneliti mengidentifikasinya sebagai spesies baru karena kepalanya besar dengan moncong pendek dan matanya oval, membentuk lebih dari 32 persen dari total panjang kepalanya.

Spesies yang baru ditemukan ini termasuk dalam kelompok chimaera berhidung pendek, dengan panjang 51 sentimeter dengan sirip dada yang lebar. Ebert berpendapat embel-embel seperti bulu pada makhluk ini mungkin membantu mereka bernavigasi di dasar laut yang berbatu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)