Dua Pangdam Paling Senior di Pulau Jawa, Nomor 1 Mantan Danjen Kopassus

Sabtu, 23 Maret 2024 - 05:15 WIB
loading...
Dua Pangdam Paling Senior di Pulau Jawa, Nomor 1 Mantan Danjen Kopassus
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyerahkan tongkat Pangdam Jaya kepada Mayjen TNI Mohamad Hasan menggantikan Mayjen TNI Untung Budiharto di Aula Jendral Besar AH Nasution, Lt III Mabesad, Jakarta Pusat, Jumat (24/3/2023). FOTO/DOK.TNI
A A A
JAKARTA - Terdapat dua Pangdam paling senior yang bertugas di Pulau Jawa. Salah satunya adalah mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus ( Danjen Kopassus ).

Pangdam merupakan pemimpin Komando Daerah Militer (Kodam), komando utama pembinaan dan operasional kewilayahan TNI Angkatan Darat. Jabatan tersebut diisi oleh perwira tinggi TNI berpangkat Mayor Jenderal atau jenderal bintang dua.

Saat ini, tercatat ada 15 Pangdam aktif yang bertugas di seluruh wilayah Indonesia. Dari jumlah iut, empat di antaranya bertugas di Pulau Jawa. Masing-masing dari mereka memimpin Kodam III/Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro, Kodam V/Brawijaya, dan Kodam Jayakarta.



Dari empat Pangdam di Pulau Jawa tersebut, dua di antaranya memiliki usia yang paling senior. Siapa saja mereka?

Pangdam Paling Senior di Pulau Jawa

1. Mayjen TNI Mohamad Hasan - Pangdam Jaya

Dua Pangdam Paling Senior di Pulau Jawa, Nomor 1 Mantan Danjen Kopassus

FOTO/DOK.KODAM ISKANDAR MUDA

Mayjen TNI Mohamad Hasan merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Saat ini, ia aktif menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Jaya.

Melihat ke belakang, posisi Pangdam Jaya didapat Mohamad Hasan pada 24 Maret 2023. Waktu itu, ia dilantik menggantikan Mayjen Untung Budiharto.

Pada riwayatnya, Mohamad Hasan lahir di Bandung, Jawa Barat, 13 Maret 1971. Mengacu tahun kelahirannya, jenderal bintang dua ini telah memasuki usia ke-53 tahun.

Sebelum menjadi Pangdam Jaya, sejumlah jabatan penting lain juga pernah ditempati jebolan Akmil 1993 ini. Di antaranya seperti Danrem 061/Surya Kencana (2018-2019), Wadanjen Kopassus (2019-2020), Danjen Kopassus (2020-2021) hingga Pangdam Iskandar Muda (2021-2023).

2. Mayjen TNI Rafael Granada Baay - Pangdam V/Brawijaya

Dua Pangdam Paling Senior di Pulau Jawa, Nomor 1 Mantan Danjen Kopassus

FOTO/DOK.TNI

Mayjen TNI Rafael Granada Baay lahir di Maluku, 25 Juni 1971. Mengacu tahun kelahirannya, ia sudah memasuki usia 52 tahun dan menjadi salah satu Pangdam paling senior di Pulau Jawa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)