Serunya Membangun Kenangan Indah bersama Keluarga lewat Masakan Lebaran

Jum'at, 22 Maret 2024 - 14:09 WIB
loading...
Serunya Membangun Kenangan Indah bersama Keluarga lewat  Masakan Lebaran
(Foto: dok Freepik)
A A A
JAKARTA - Lebaran merupakan momen spesial bagi umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Hari raya juga identik dengan berbagai tradisi, salah satunya adalah menyantap hidangan khas lebaran yang lezat dan istimewa.

Menyantap hidangan lebaran bersama keluarga dan kerabat merupakan momen yang dinanti-nantikan. Hidangan lebaran yang lezat dan istimewa menjadi simbol kebersamaan dan kehangatan keluarga.

Untuk menghadirkan hidangan spesial biasanya dilakukan bersama-sama oleh keluarga dan kerabat. Hal ini menjadi momen yang menyenangkan untuk menjalin silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan.

Menariknya, setiap keluarga biasanya memiliki resep turun-temurun untuk hidangan lebaran. Tak heran, berbagi resep dan tips memasak menjadi salah satu tradisi yang menarik dalam tradisi lebaran.

Meski memiliki resep rahasia, namun ada kesamaan antar resep masakan, yakni tips mendasar untuk mendapatkan cita rasa yang nikmat. Misalnya saja menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk menghasilkan rasa yang terbaik. Lalu memastikan memasak daging sapi hingga empuk agar rendang mudah dimakan. Selanjutnya menggunakan api kecil saat memasak jenis tertentu misalnya sambal goreng kentang agar kentang tidak gosong.

Di antara berbagai hidangan lebaran yang populer, ada tiga hidangan yang selalu dinanti-nantikan: rendang, sambal goreng kentang, dan opor ayam. Ketiga hidangan ini merupakan perpaduan cita rasa tradisional dan modern yang mampu menggugah selera para pecinta kuliner.

Rendang Daging

Siapa yang tidak kenal dengan rendang daging? Hidangan yang berasal dari Minangkabau ini telah mendunia dan diakui sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Resep rendang daging biasanya turun temurun. Masing-masing memiliki resep rahasia keluarga. Meski demikian pada prinsipnya sama, rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah dan santan selama berjam-jam, menghasilkan tekstur yang empuk dan rasa yang kaya.

Proses memasak rendang yang rumit dan membutuhkan waktu lama menjadikannya hidangan istimewa yang selalu hadir di momen spesial seperti Lebaran. Rendang biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan berbagai lauk pauk lainnya.

Sambal Goreng Kentang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)