alexametrics

Brankas Dibawa Kabur, Koperasi Makmur Alami Kerugian Ratusan Juta

loading...
Brankas Dibawa Kabur, Koperasi Makmur Alami Kerugian Ratusan Juta
Pegawai Koperasi Putera Makmur tengah menunjuk lokasi brankas yang dibawa kabur maling di lokasi kejadian. Foto/Hasan Kurniawan/KORAN SINDO
A+ A-
TANGERANG - Aksi perampokan brankas di Kota Tangerang, Banten, kembali marak. Setelah menggasak brankas berisi intan dan berlian milik pensiunan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) di Ciledug, perampok beraksi lagi di Karawaci.

Dalam aksinya, kawanan perampok berhasil membawa kabur brankas milik Koperasi Putera Makmur Tangerang, di Jalan Cemara Raya, No46C, Blok 28, Perumnas 1, Karawaci, Kota Tangerang, Banten, Kamis (11/10/2018) tadi pagi.



Brankas seberat 3 ton, berisi surat-surat dan dokumen penting, seperti BPKB, ATM dan cek, senilai ratusan juta rupiah, dibawa pelaku dengan cara diseret dari lantai dua.

Tampak, anak tangga menuju lantai dua gedung setinggi 3 lantai, mengalami pecah akibat terkena benturan brankas besi setinggi 1 meter itu. Aksi perampokan ini pun berlangsung mulus, pukul 04.30 WIB.

Toni, kolektor dan petugas kebersihan koperasi mengatakan, dirinya masuk kantor sekitar pukul 07.15 WIB. Saat itu, rantai gembok kunci teralis besi koperasi sudah putus akibat digunting kawanan pelaku.

"Saat saya sampai tadi pagi, rantai gembok sudah terbongkar. Gembok di lapis pintu kedua juga sudah dirusak. Begitupun dengan gembok ketiga. Totalnya ada tiga gembok," katanya di lokasi.

Di depan koperasi, terdapat dua kamera CCTV yang langsung menghadap jalan. Di dalam ruang pelayanan, juga ada CCTV. Begitupun di lantai atas, ada tiga CCTV yang dua di antaranya berada di ruang brankas.

"Semua CCTV itu masih menyala saat kejadian. Namun, mesin recordernya dibawa kabur oleh kawanan pelaku, berikut tiga unit komputer dan CPU-nya," sambung Toni.

Brankas Dibawa Kabur, Koperasi Makmur Alami Kerugian Ratusan Juta

Dijelaskan dia, aksi pelaku sempat terekam kamera CCTV milik warung yang ada di samping koperasi. Dari CCTV itu diketahui, pelaku lebih dari 4 orang. Mereka memakai mobil yang parkir tepat di depan koperasi.

Tiga orang tampak masuk dalam koperasi, dan seorang lainnya menunggu dalam mobil. Aksi pelaku tampak sangat santai. Mereka masuk membawa alat berat.

"Ini kejadian yang kedua. September lalu juga sempat dimaling, tapi tidak ada barang yang dibawa. Kalau yang sekarang diambil semua. Pelaku lebih dari tiga orang, menggunakan satu unit mobil," ungkapnya.

Aksi pelaku yang membawa brankas, sama dengan modus yang digunakan pelaku perampokan brankas berisi emas dan berlian pensiunan Lemhannas, di Ciledug.

Perampokan brankas di rumah pensiunan Lemhannas bernama Harijadi itu, terjadi di rumah mewah Jalan Sektor 14, Nomor 24, RT01/010, Ciledug, Kota Tangerang, pada 9 September 2018. (Baca juga: Polisi Selidiki Pencurian Brankas Milik Pensiunan Lemhannas)
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak