5 Motif Rusia dan Iran Memprovokasi Niger untuk Mengusir Tentara AS

Kamis, 21 Maret 2024 - 21:21 WIB
loading...
5 Motif Rusia dan Iran Memprovokasi Niger untuk Mengusir Tentara AS
Pengaruh Rusia dan Iran terus menguat di Niger. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Niger telah menangguhkan perjanjian militer dengan Amerika Serikat yang memberikan pasukan Amerika sebuah pangkalan penting dan landasan peluncuran di wilayah Sahel, Afrika.

Langkah tersebut menyusul perselisihan mengenai hubungan negara Afrika tersebut dengan Rusia dan Iran, yang muncul ketika para pejabat AS mengunjungi Niger pekan lalu untuk mengungkapkan keprihatinan mereka.

5 Motif Rusia dan Iran Memprovokasi Niger untuk Mengusir Tentara AS

1. AS Kehilangan Pengaruh di Afrika

5 Motif Rusia dan Iran Memprovokasi Niger untuk Mengusir Tentara AS

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, perjanjian “status pasukan”, yang ditandatangani pada tahun 2012, mengizinkan sekitar 1.000 personel militer AS dan staf pertahanan sipil untuk beroperasi dari Niger, yang memainkan peran penting dalam operasi militer AS di Sahel.

Militer AS mengoperasikan Pangkalan Udara 101 di ibu kota Niger, Niamey. Selain itu, mereka mengoperasikan pangkalan udara besar, Pangkalan Udara 201, dekat Agadez, sebuah kota 920 km barat daya Niamey, menggunakannya untuk penerbangan pengawasan berawak dan tak berawak serta operasi lainnya di Sahel.

Pangkalan Udara 201 dibangun dari tahun 2016 hingga 2019 dengan biaya lebih dari USD100 juta. Pangkalan tersebut telah digunakan sejak 2018 untuk meluncurkan operasi drone terhadap kelompok bersenjata yang terkait dengan ISIS (ISIS) dan al-Qaeda di Sahel.

“Niger adalah pusat operasi AS di Afrika Barat dan Utara, terutama di Pangkalan Udara 201,” kata koresponden Al Jazeera Shihab Rattansi dari Washington, DC.

Memiliki pangkalan di Sahel merupakan hal yang penting bagi operasi Washington melawan kelompok-kelompok bersenjata di wilayah tersebut, “tetapi pangkalan tersebut juga berguna untuk memproyeksikan kekuatan besar melawan negara-negara seperti Rusia dan Tiongkok,” kata Rattansi.

2. Menguatnya Pengaruh Rusia dan Iran di Niger

5 Motif Rusia dan Iran Memprovokasi Niger untuk Mengusir Tentara AS

Foto/Reuters

Pejabat senior AS – dipimpin oleh Asisten Menteri Luar Negeri Urusan Afrika Molly Phee dan kepala Komando AS di Afrika, Jenderal Michael Langley – mengunjungi negara Afrika Barat tersebut pekan lalu.

Dalam pertemuan mereka, “para pejabat AS menyatakan keprihatinan atas potensi hubungan Niger dengan Rusia dan Iran,” Sabrina Singh, juru bicara Departemen Pertahanan AS, mengatakan pada konferensi pers pada hari Senin.

Saat mengumumkan penangguhan perjanjian tersebut, juru bicara militer Niger Kolonel Amadou Abdramane merujuk pada tekanan dari AS mengenai negara mana yang dapat menjadi mitra bagi negara tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)