Kemarau, Sumur Warga Ratu Jaya Depok Mulai Mengering

Selasa, 02 Oktober 2018 - 21:05 WIB
Kemarau, Sumur Warga Ratu Jaya Depok Mulai Mengering
Kemarau, Sumur Warga Ratu Jaya Depok Mulai Mengering
A A A
DEPOK - Kemarau panjang membuat sejumlah warga yang ada di Kelurahan Ratu Jaya Kecamatan Cipayung Depok mengalami kekeringan. Bahkan warga juga kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan mandi cuci kakus (MCK).

Toni, warga RT 005 RW 01mengatakan saat ini warga kerap kesulitan mendapatkan air. Pasalnya saat ini debit air berkurang ketika musim kemarau.

"Sudah sebulan ini, kita kekurangan air kalau nambah sebulan lagi seperti ini gak tahu lagi seperti apa keadaanya," katanya, Selasa (2/10/2018).

Untuk mendapatkan air warga harus mendalami sumur. Namun mereka mengaku kesulitan perihal dana. Pasalnya harga untuk mendalami sumur lumayan mahal. "Ini sudah 20 meter tapi harus didalami lagi 17 meter. Harganya Rp500 ribu," ungkapnya.

Selain itu saluran PDAM pun tidak masuk ke wilayah mereka. Hal ini makin mempersulit warga mendapatkan air bersih. "Kita tidak berharap juga untuk PDAM, kita mending ngebor tanah saja," harapnya.

Dia pun berharap, pemerintah segera membuat sumur artesis sebagai solusi kekeringan di wilayah Ratujaya Kota Depok. "Saya sih, masih bisa bertahan paling-paling sekarang ada setengah ember per harinya untuk keperluan mandi dan mencuci," paparnya.

Ketua RW 01 Jaelani mengatakan, jumlah KK yang ada di wilayahnya sebanyak 800. Hampir 50 persen warga di wilayah tersebut mengeluhkan masalah kekeringan. "Ya setengahnya mengeluhkan masalah kekeringan ini," katanya.

Sebagai solusi dia mengijinkan warga mengambil air dari masjid. Sehingga warga masih bisa menikmati air.

"Di masjid ini, sudah ada sumur resapan, dan warga bisa ambil disini. Sehingga di musim kemarau ini warga tidak mengalami kekeringan banget," tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5959 seconds (0.1#10.140)