Rayakan Kedatangan Panda, Ribuan Pengunjung Padati TSI Cisarua

Minggu, 30 September 2018 - 14:00 WIB
Rayakan Kedatangan Panda, Ribuan Pengunjung Padati TSI Cisarua
Rayakan Kedatangan Panda, Ribuan Pengunjung Padati TSI Cisarua
A A A
BOGOR - Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor dipadati ribuan pengunjung, Minggu (30/9/2018). Selain karena libur akhir pekan, pihak TSI juga menyelenggarakan peringatan satu tahun kedatangan Panda ke Indonesia.

Kepadatan itu terlihat sejak pagi di lokasi gerbang masuk dan area parkir. Namun, keramaian pengunjung tak seperti biasanya, ribuan kendaraan terlihat di area parkir zona rekreasi dan shelter Bus Panda.

Pengunjung tampak mengantre di Shelter Bus untuk bisa melihat Cai Tao dan Hu Chun sepasang Panda yang genap satu tahun didatangkan ke Indonesia itu.

Direktur TSI Group Jansen Manangsang mengatakan sejak Cai Tao dan Hu Chun resmi jadi penghuni tempat wisata satwa yang dikelolanya sejak 28 September lalu, Istana Panda menjadi destinasi favorit warga Jabodetabek.

"Ya, sejak ada Panda jumlah pengunjung TSI meningkat. Itu dikarenakan satwa langka khas Tiongkok yang merupakan simbol perdamaian dunia ini memiliki keunikan dan hanya ada disini," kata Jansen seusai peringatan Satu Tahun Panda di Indonesia, kemarin.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, selain menggelar seremoni perayaan kedatangan panda, pihaknya juga menggelar sejumlah program atau kegiatan yang menyangkut konservasi.

"Setelah setahun di Indonesia ini, kedua panda yang selama di istana panda dipisahkan, kita akan melakukan langkah bagaimana mendekatkan kedua panda agar bisa memiliki keturunan," jelasnya.

Sementara itu, General Manager TSI Cisarua Putu Harianto mengungkapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mensukseskan kehadiran dua satwa langka khas Tiongkok di Indonesia.

"Yang terpenting kesempatan hari bahagia ini. Saya ucapkan terima kasih kepada founding father Panda Indonesia Jansen Manangsang," jelasnya.

Ia juga menyebutkan tanpa terasa satahun sudah kedua panda ini menjadi penghuni TSI yang menempati Istana Panda Indonesia. "Hingga kini keduanya dalam kondisi sehat, lincah dan semakin bertambah berat tubuhnya," ucapnya.

Ia juga menyebutkan pada rangkaian acara satu tahun kedatangan panda ini suasana TSI Cisarua Bogor sengaja dibuat berbeda.

"Mulai dari pintu masuk hingga Istana Panda Indonesia dipenuhi dengan berbagai pernak pernik hiasan warna warni dan juga hiasan bernuansa panda," ujarnya.

Untuk memeriahkan dan menarik minat pengunjung pihaknya juga menggelar sejumlah kegiatan berupa barong, liong, rampak gendang, serta menghadirkan pada pelukis dalam mendemonstrasikan keahliannya di setiap sudut area Istana Panda.

"Pada saat yang sama juga kita menyerahkan hadiah kepada tiga pemenang lomba pembuatan video Cai Tao dan Hu Chun Challenge yang diikuti 79 peserta," ujarnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9594 seconds (0.1#10.140)