4 Ciri Khas Harimau Sumatera yang Membedakannya dari Jenis Harimau Lain

Sabtu, 16 Maret 2024 - 17:05 WIB
loading...
4 Ciri Khas Harimau Sumatera yang Membedakannya dari Jenis Harimau Lain
Harimau Sumatera memiliki ciri khas unik yang membedakannya dari jenis harimau lainnya. Foto: Wildlife RER
A A A
JAKARTA - Harimau Sumatera atau yang punya nama latin Panthera tigris sumatrae memiliki sejumlah ciri khas yang membedakannya dari harimau lainnya. Ciri khas ini kebanyakan berkaitan dengan ciri fisik yang mereka miliki.

Menurut laman Taman Nasional Kerinci Seblat, harimau sumatera merupakan satwa yang termasuk dalam satwa kritis yang terancam punah daftar merah spesies terancam yang dirilis lembaga konservasi dunia IUCN (International Union for Conservation of Nature).

Salah satu ancaman terbesar yang dialami oleh spesies ini adalah hilangnya habitat mereka berkat perambahan liar, pembakaran liar dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, mereka juga diburu dan diperjual belikan kulitnya.

Kehilangan habitat inilah yang membuat sejumlah harimau sumatera kerap masuk ke wilayah warga dan melakukan penyerangan. Bahkan beberapa waktu lalu terdapat sejumlah warga Lampung yang mendapatkan serangan harimau ini.

Sebagai salah satu hewan yang hanya dapat ditemui di wilayah Indonesia, harimau ini memiliki ciri khasnya tersendiri. Terdapat beberapa ciri fisik yang membedakannya dengan harimau lain seperti Harimau Siberia dan Benggala.

4 Ciri Khas Harimau Sumatera
4 Ciri Khas Harimau Sumatera yang Membedakannya dari Jenis Harimau Lain

1. Ukuran yang Lebih Kecil

Harimau Sumatera cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan harimau dari spesies lainnya, seperti harimau Bengal atau harimau Siberia. Tubuhnya yang lebih kecil memungkinkannya untuk bergerak lebih gesit di dalam hutan tropis yang lebat.

2. Warna Bulu yang Lebih Gelap

Bulu harimau Sumatera cenderung lebih gelap daripada bulu harimau dari spesies lainnya. Bulu mereka sering kali berwarna coklat tua hingga hitam dengan corak belang yang khas. Selain itu, bulu yang dimiliki harimau jenis ini juga bisa dibilang paling pendek dari harimau jenis lainnya.

3. Jumlah Belang yang Lebih Sedikit

Harimau Sumatera memiliki jumlah belang yang lebih sedikit dibandingkan dengan harimau dari spesies lainnya. Biasanya, belang pada tubuh harimau Sumatera lebih rapat dan terkadang hampir menyatu.


4. Ciri Fisik Wajah

Wajah harimau Sumatera cenderung lebih tirus dan cembung, dengan telinga yang lebih kecil dibandingkan dengan harimau dari spesies lainnya.

Itulah sejumlah ciri khas yang membedakan harimau sumatera dengan harimau jenis lain. Sebagai hewan yang dilindungi sudah sepantasnya kita menjaga kelestariannya dan jangan membiarkan hewan endemik Indonesiainipunah.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1607 seconds (0.1#10.140)