Tak Hanya Tambah Cuan, Agen BRILink Ini Juga Sukses Buka Lapangan Pekerjaan

Sabtu, 16 Maret 2024 - 15:30 WIB
loading...
Tak Hanya Tambah Cuan, Agen BRILink Ini Juga Sukses Buka Lapangan Pekerjaan
Samsuri, AgenBRIlink di Jalan Panjang, Sukabumi Utara Jakarta Barat. FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - Agen BRILink menjadi salah satu ujung tombak PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dalam meningkatkan inklusi keuangan kepada masyarakat di berbagai daerah. Namun siapa sangka, dalam perkembangannya saat ini keberadaan Agen BRILink ternyata bukan hanya menambah penghasilan bagi sang agen tetapi bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Peran itu setidaknya dilakoni Samsuri, seorang AgenBRIlink di Jalan Panjang, Sukabumi Utara Jakarta Barat. Mulai menjadi agen BRILink sejak tahun 2016, Samsuri kini sudah memperkerjakan tiga karyawan untuk mengurus pekerjaannya sebagai agen BRILink dan juga usaha fotokopi.

“Kalau total karyawan ada 5 orang yakni saya dan istri dan tiga orang karyawan lain. Jadi untuk mengurus agen BRILink dan usaha fotokopi saya terapkan sistem kerja shift,” tutur Samsuri ketika berbincang dengan Sindonews, Jumat (15/3/2024).

Menurut pria berusia 52 tahun ini, tiga orang karyawannya berbagi tugas ada yang membantu mengurus usaha fotokopi dan juga ada yang stand by di kantor BRILinknya di Jalan Panjang, Kelurahan Sukabumi Utara, Kebon Jeruk Jakarta Barat.



Bagi Samsuri, keberadaan karyawan menjadi konsekuensi logis dengan terus berkembangnya usahanya sebagai Agen BRIlink. Bahkan saat ini, dia memiliki kantor Agen BRILink sendiri terpisah dari usaha fotokopinya.
“Dulu sebelum jadi kantor sendiri, Agen BRILink saya gabung dengan usaha fotokopi yang sudah lama saya geluti jauh sebelum saya daftar jadi agen,” Dia mengaku bersyukur, meski saat ini ekonomi nasional tidak terlalu baik namun usaha Agen BRIlink masih bisa berkembang seperti yang diharapkannya.

Samsuri menjelaskan, selama ini kebanyakan nasabah yang memanfaatkan jasa pelayanan di Agen BRILink nya adalah kalangan masyarakat menengah ke bawah dari beragam profesi. Sekadar diketahui, di Agen BRILinknya,
Samsuri melayani semua jenis transaksi mulai dari transfer uang, setor tabungan, pembelian pulsa, pembayaran biaya sekolah/kuliah, pembayaran tagihan listrik dan air dan lain-lain. Termasuk juga pengambilan uang dalam jumlah besar.

“Bukanya sombong ya, kalau ada yang mau ambil uang banyak karena kalau di bank kan nominal dibatasi, di sini saya siap melayani berapa pun jumlahnya,” tutur Samsuri yang mengaku pernah menjalani profesi sebagai sopir angkot.

Berkembangnya usaha Agen BRILink Samsuri membuat statusnya sebagai agen kini berpredikat agen Juragan. Seperti diketahui, ada 3 klaster untuk agen BRIlink yakni Pemula, Jawara dan Juragan. Predikat Juragan menjadi peringkat tertinggi. Biasannya agen dengan predikat Juragan per bulannya mencatatkan puluhan ribu transaksi.

Ditanya bagaimana antisipasi dirinya dengan kehadiran berbagai layanan aplikasi yang serupa dengan layanan BRILink, Samsuri mengaku tidak terlalu khawatir. Meski tetap mempersiapkan diri dengan berbagai startegi khusus, dirinya siap bersaing bahkan dengan layanan aplikasi yang mengenakan harga murah dalam setiap transaksi sekalipun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)