Surat yang Diutamakan Dibaca Saat Awal Ramadan

Sabtu, 16 Maret 2024 - 03:10 WIB
loading...
Surat yang Diutamakan Dibaca Saat Awal Ramadan
Ayat dan surat Al Quran yang diutamakan dibaca saat awal Ramadan penting diketahui kaum muslim, apalagi, mengisi Ramadan dengan tadarus Al Quran sangat dianjurkan. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Ayat dan surat Al Qur'an yang diutamakan dibaca saat awal Ramadan penting diketahui kaum muslim yang tengah menjalani puasa Ramadan. Apalagi, mengisi Ramadan dengan tadarus Al Qur'an sangat dianjurkan. Lantas surat dan ayat Al Qur'an apa saja yang diutamakan di bulan Ramadan ini?

Dalam Islam, bulan Ramadan juga sering disebut sebagai bulannya Al Qur'an. Sebagaimana firman Allah SUbhanahu wa ta'alam sebegai berikut:

شَهۡرُ رَمَضَانَ الَّذِىۡٓ اُنۡزِلَ فِيۡهِ الۡقُرۡاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَ بَيِّنٰتٍ مِّنَ الۡهُدٰى وَالۡفُرۡقَانِۚ فَمَنۡ شَهِدَ مِنۡكُمُ الشَّهۡرَ فَلۡيَـصُمۡهُ ؕ وَمَنۡ کَانَ مَرِيۡضًا اَوۡ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنۡ اَيَّامٍ اُخَرَؕ يُرِيۡدُ اللّٰهُ بِکُمُ الۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيۡدُ بِکُمُ الۡعُسۡرَ وَلِتُکۡمِلُوا الۡعِدَّةَ وَلِتُکَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمۡ وَلَعَلَّکُمۡ تَشۡكُرُوۡنَ


"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil) (QS. Al Baqarah: 185)

Dan, inilah surat-surat dalam Al Quran yang dianjurkan untuk dibaca selama bulan Ramadan.

1. Surat Al Fath

Surat Al Fath merupakan surat yang sering dibaca dan paling dicintai oleh Rasulullah SAW daripada dunia seisinya sesuai sabdaNya.

"Telah turun padaku malam ini sebuah surat; surat tersebut lebih aku cintai daripada terbitnya matahari" (HR. At-Tirmidzi, Shahih Al-Jami' No. 5121)

2. Surat Yunus khususnya ayat 58:

Ayat ini berbunyi:

قُلۡ بِفَضۡلِ اللّٰهِ وَبِرَحۡمَتِهٖ فَبِذٰلِكَ فَلۡيَـفۡرَحُوۡا ؕ هُوَ خَيۡرٌ مِّمَّا يَجۡمَعُوۡنَ


"Katakanlah: "Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan."(QS Yunus : 58)

Dalam ayat ini dapat dipahami bahwa umat Islam harus bersyukur terhadap nikmat yang telah diberikan Allah. Nikmat ini adalah rezeki yang terbaik dan umat muslim harus selalu bersyukur atas nasib, takdir, serta kenikmatan yang diterima masing-masing orang.

3. Surat Al-Baqarah ayat 185

"Syahru ramadaanallazii unzila fiihil-qur'aanu hudal lin-naasi wa bayyinaatim minal-hudaa wal-furqaan, fa man syahida mingkumusy-syahra falyasum-h, wa mang kaana mariidan au 'alaa safarin fa 'iddatum min ayyaamin ukhar, yuriidullaahu bikumul-yusra wa laa yuriidu bikumul-'usra wa litukmilul-'iddata wa litukabbirullaaha 'alaa maa hadaakum wa la'allakum tasykurun."

Artinya:
"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhn, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur."

Dalam surat ini dapat dipahami bahwa Alquran merupakan petunjuk yang utama bagi umat muslim dalam menjalani kehidupan. Dengan Alquran, manusia dapat membedakan antara perbuatan yang buruk dengan yang baik.

Juga beberapa ayat dari surat Al Baqarh lainnya, seperti ayat 201 dan ayat 286

3. Surat Al Qadr.

Surat ini cocok dibaca menjelang malam Lailatul Qadr yang dikenal memberikan banyak berkah bagi orang-orang yang menjalankan ibadah pada malam tersebut. Bahkan, mereka akan mendapat pahala yang lebih baik dibanding seribu bulan.

4. Surat Ali Imran ayat 147

وَمَا كَانَ قَوۡلَهُمۡ اِلَّاۤ اَنۡ قَالُوۡا رَبَّنَا اغۡفِرۡ لَنَا ذُنُوۡبَنَا وَاِسۡرَافَنَا فِىۡۤ اَمۡرِنَا وَ ثَبِّتۡ اَقۡدَامَنَا وَانۡصُرۡنَا عَلَى الۡقَوۡمِ الۡكٰفِرِيۡنَ


Wa maa kaana qawlahum illaa an qooluu Rabbanagfir lan unban wa isrfan f amrin wa abbit aqdman wanurn 'alal-qaumil-kfirn."


Artinya:

Dan tidak lain ucapan mereka hanyalah doa :"Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebihan (dalam) urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir."
Surat ini berisi permohonan untuk diberi perlindungan oleh Allah. Selain itu, surat ini juga berfungsi untuk meminta ampunan dari Allah atas segala tindakan berdosa yang telah diperbuat dan diarahkan ke jalan yang lurus.

5. Surat Al-A'raf ayat 23

"Rabban alamn anfusana wa il lam tagfir lan wa tar-amn lanaknanna minal-khsirn."

Artinya:
"Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi."

Mirip seperti surat-surat yang sebelumnya, dalam surat Al-A'raf ayat 23 ini juga meminta ampunan dari Allah SWT atas perbuatan-perbuatan kurang baik yang dilakukan hambanya selama hidup di dunia.

Demikian surat dan ayat Al Qur'an yang dianjurkan banyak dibaca di awal dan selama bulan Ramadan. Selain tentunya membaca dan mempelajari Al Qur'an dalam tadarus Al Qur'an. Semoga bermanfaat!



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)