Kapitalisasi Tembus Rp131,47 T, BSI Menyodok Lebih Cepat Masuk Top 10 Global Islamic Bank

Kamis, 14 Maret 2024 - 18:42 WIB
loading...
Kapitalisasi Tembus Rp131,47 T, BSI Menyodok Lebih Cepat Masuk Top 10 Global Islamic Bank
PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI resmi masuk ke jajaran top 10 Global Islamic Bank dari sisi kapitalisasi pasar, seiring harga saham emiten bersandi BRIS yang melesat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI resmi masuk ke jajaran top 10 Global Islamic Bank dari sisi kapitalisasi pasar , seiring harga saham emiten bersandi BRIS yang melesat. Hal itu mendorong market cap menembus Rp131,47 triliun.



Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, raihan tersebut lebih cepat dari target perseroan mencapai top 10 Global Islamic Bank berdasarkan market capitalization atau market cap terbesar pada 2025.

Torehan kapitalisasi pasar terbesar itu mengacu pada penutupan harga saham BRIS pada perdagangan Rabu (13/3/2024). Kapitalisasi pasar BRIS menjadi Rp131,47 triliun atau setara USD8,44 miliar.



Secara global, BRIS berada pada peringkat 10 dengan kapitalisasi pasar terbesar bank syariah dunia di bawah Emirates Islamic Bank USD10,38 miliar pada posisi 9 dan Abu Dhabi Islamic Bank USD10,94 miliar di posisi 8 terbesar.

Peningkatan BRIS sejalan dengan kondisi IHSG yang bergerak di rentang 7.409,67 hingga menembus rekor 7.435,81. Perusahaan pun menjadi salah satu faktor pendorong yang turut menggerakkan IHSG menjadi hijau.

Tak hanya itu, Erick yakin investor asing semakin percaya terhadap kinerja fundamental perseroan maupun kinerja sahamnya di lantai bursa Indonesia. Hal tersebut membuktikan kehadiran BSI sejak 2021 yang diproyeksikan sebagai lokomotif ekonomi syariah tumbuh secara berkelanjutan.

“Apresiasi investor asing yang merupakan institusi terpercaya di bidang investasi ini adalah sebuah kepercayaan luar biasa bagi BSI. Ini menjadi bukti bahwa kinerja kami yang tumbuh berkelanjutan memiliki nilai ekonomi yang potensial di masa depan,” ujar Erick Thohir, Kamis (14/3/2024).

Dia mengatakan, pemerintah sebenarnya menargetkan BSI masuk dalam 10 besar bank syariah dunia berdasarkan kapitalisasi pasar pada 2025. Namun ternyata realisasinya lebih cepat, yang membuktikan BSI memiliki resiliensi tinggi dalam menghadapi berbagai tantangan ekonomi.

Prestasi BSI ini, lanjut Erick, menjadi pembuktian Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim mempunyai bank syariah terbesar dengan fundamental kinerja yang tangguh.

BSI berhasil menjaga kinerja keuangan tetap tumbuh secara impresif di tengah tantangan dan ketidakpastian perekonomian global karena meningkatnya tensi geopolitik dunia. Keberhasilan BSI dalam menjaga kinerja positif itu ditunjukkan dengan pencapaian laba yang tumbuh 33,88 persen (yoy) menjadi Rp5,70 triliun hingga kuartal IV/2023.

Kontributor utama penopang kinerja positif BSI di antaranya adalah pembiayaan, penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) dan dana murah yang tumbuh dua digit, respons strategi yang tepat serta model bisnis yang fleksibel dan terdigitalisasi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2162 seconds (0.1#10.140)