alexametrics

Kampanye Peduli Ciliwung, Mapala UI Kembali Gelar Runforiver ke 5

loading...
Kampanye Peduli Ciliwung, Mapala UI Kembali Gelar Runforiver ke 5
Peserta lari Runforiver Mapala UI Half Marathon melewati depan Balairung Universitas Indonesia. Foto/Ist
A+ A-
DEPOK - Sebagai bentuk kampanye kepedulian lingkungan hidup semakin meningkat, terutama terhadap Sungai Ciliwung, Mapala Universitas Indonesia (UI) kembali menggelar event tahunan, Runforiver Mapala UI Half Marathon 2018.

"Event Runforiver Mapala UI yang sudah terselenggara sebanyak empat kali sejak 2013 ini, akan kembali hadir pada 7 Oktober 2018 mendatang di kawasan Kampus UI Depok," kata Humas Runforiver Mapala UI Half Marathon 2018, Nisya, melalui pesan elektronik kepada SINDOnews, Jumat (21/9/2018).

Menurutnya, peserta Runforiver telah dianggap sebagai river adopter. Artinya, mereka telah aktif berpartisipasi dalam upaya konservasi sungai Ciliwung.



Runforiver Mapala UI tahun ini juga berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan adanya kategori lomba trail run 10K, membuat kompetisi ini menjadi satu-satunya kompetisi trail run di sekitar Ibukota. Selain itu, kompetisi ini juga membuka kategori Half Marathon dan 5K road.

Tidak hanya itu, bagi peserta yang berhasil mencapai garis finish sebelum Cut off time akan mendapatkan medali finisher. Untuk para juara akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai. Di tahun 2018 ini Runforiver akan menghadirkan bintang tamu, salah satunya adalah Sir Garnida & His BeatleFellow. Serta stand komunitas Ciliwung dan food-truck yang ikut memeriahkan acara.

Usai acara lari diselenggarakan, terdapat post event berupa sosialisasi terkait pencegahan atau bahaya membuang sampah sembarangan ke sungai dengan mendatangkan ahli. Sosialisasi ini disasarkan kepada orang dewasa dan anak usia dini karena diharapkan dapat menanamkan nilai kebiasaan yang baik sejak masih kecil.

Hal itu dilakukan dengan cara mengadakan lomba kreasi seperti menggambar, menulis dan cipta puisi, serta pengadaan buku dan alat penunjang gambar. Selain itu juga akan ada pengadaan komposter dan penanaman bibit tanaman tepat guna sebagai salah satu langkah awal untuk membantu memperbaiki lingkungan sekitar ciliwung.

Sejak pertama kali diselenggarakan, RunForiver telah berhasil mewujudkan penanaman 900 pohon di hulu Sungai Ciliwung, donasi 900 buku untuk Saung Pustaka Air Komunitas Peduli Ciliwung, dan pembuatan crowdsourcing website riveradoption.com .

Acara ini membuka pendaftaran hingga akhir September 2018. Pendaftaran dapat dilakukan secara online via website di www.runforiver.id.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak