MNC Peduli Bagikan 100 Buku di Sekolah Alam Bantar Gebang Bekasi

Rabu, 19 September 2018 - 18:45 WIB
MNC Peduli Bagikan 100 Buku di Sekolah Alam Bantar Gebang Bekasi
MNC Peduli Bagikan 100 Buku di Sekolah Alam Bantar Gebang Bekasi
A A A
BEKASI - MNC Peduli kembali menunjukan konsistensinya dalam kepedulian terhadap dunia pendidikan. Kali ini, MNC Peduli menyalurkan 100 buku bacaan anak dan buku bahasa Inggris kepada Sekolah Alam Tunas Mulia di Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi, Rabu (19/9/2018).

Donasi buku ini disalurkan langsung Ketua III MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo kepada Kepala Sekolah Alam Tunas Mulia, Hamsiyati Faifiyana. Kegiatan ini bekerja sama dengan Komunitas 1001 Buku. Buku tersebut diharapkan bermanfaat bagi ratusan anak pemulung di wilayang setempat.

Jessica mengatakan, penyaluran buku bacaan dan bahasa Inggris ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak-anak. Dengan adanya buku itu diharapkan seluruh anak di Sumur Batu menjadi gemar membaca dan memiliki pengetahuan luas nantinya. ”Karena ilmu itu didapat dari membaca, jadi kita salurkan buku ini,” katanya.

Menurut dia, kegiatan donasi buku di berbagai taman bacaan, merupakan bentuk kepedulian MNC terhadap kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya anak-anak sebagai generasi bangsa. Perempuan yang sudah meraih dua gelar master di bangku kuliah itu, mengaku sangat concern dengan masalah pendidikan.

Dengan adanya kegiatan ini, Jessica berharap anak-anak dengan kemampuan ekonomi terbatas sekalipun, dapat meningkatkan ilmu pengetahuan untuk bekal meraih cita-cita. Sebab, MNC Peduli ingin berkontribusi tidak hanya dalam bidang kesehatan, tapi juga dalam edukasi. Karena edukasi itu merupakan salah satu usaha untuk membangun negara.

Ke depan, kata dia, buku bacaan anak juga akan dibantu penyalurannya oleh 1001 Buku kepada Taman Baca di luar Pulau Jawa yaitu daerah Sulawesi Selatan, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Sumatera utara, Bengkulu, Papua, dan NTB.”MNC Peduli edukasi juga dilakukan di seluruh Indonesia,” tegasnya.

MNC Peduli Bagikan 100 Buku di Sekolah Alam Bantar Gebang Bekasi


Sementara itu, Kepala Sekolah Alam Tunas Mulia, Hamsiyati Faifiyana, sangat mengapresiasi kegiatan donasi buku yang diadakan MNC Peduli bersama Komunitas 1001 Buku itu. Sebab anak–anak di sekolah tersebut sangat membutuhkan buku. ”Dengan adanya buku ini, anak–anak pasti senang,” katanya.

Apalagi buku-buku yang didonasikan sangat membantu untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan kecerdasan anak-anak di sekolah alam. Buku–buku tersebut akan ditaruh di dalam perpustakaan. ”Kami di sini punya jadwal bergilir, jadi tiap kelas ada hari wajib untuk membaca di perpustakaan,” ungkapnya.

Sekolah Alam Tunas Mulia memiliki sekitar 300 anak anak didik yang mayoritas merupakan anak pemulung. Dari keseluruhan anak, 250 anak diantaranya bersekolah di sekolah alam dan 50 anak lainnya diberi fasilitas menempuh pendidikan di luar sekolah alam. Bahkan yang sekolah mulai dari PAUD, SD, SMP, usia mulai dari 4 tahun.

Untuk bersekolah di sekolah alam, kata dia, tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis. Seluruh buku, mulai dari buku pelajaran, buku paket, bahkan sampai buku tulis, disediakan oleh pihak sekolah. Bahkan, tidak diwajiba menggunakan seragam dan dibebaskan untuk berpakaian.”Anak – anak senang disekolah alam ini,” tegasnya.

MNC Peduli Bagikan 100 Buku di Sekolah Alam Bantar Gebang Bekasi


Relawan Divisi Jaringan Taman Baca dan Distribusi Buku 1001, Fadila, menambahkan, kegiatan ini merupakan kali kedua pihaknya bekerja sama dengan MNC Peduli, dimana kegiatan awal dilaksanakan di wilayah Tangerang. Saat itu animo masyarakat, terutama anak-anak, sangat tinggi terhadap buku-buku yang dibagikan.

”Tanggapan anak-anaknya positif. Buku-buku yang dikirimkan sangat disukai, karena ini buku antik, khusus. Di Indonesia buku-buku yang seperti ini jarang ditemukan. Alhamdulillah kami bisa bekerja sama lagi di kali kedua. Mudah-mudahan responsnya sama senangnya dengan yang di periode pertama,” paparnya.

Fadila juga berharap kerja sama yang terjalin antara pihaknya dengan MNC Peduli dapat terus berlanjut, sebagai salah satu upaya mencerdaskan anak bangsa, khususnya bagi kalangan kurang mampu.”Kami berharap mudah-mudahan akan ada beberapa kerja sama lagi, karena minat baca anak–anak sangat tinggi,” tukasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4571 seconds (0.1#10.140)