alexametrics

Polres Jaksel Ajak Masyarakat Kembali Aktif Laporkan Kasus Narkoba

loading...
Polres Jaksel Ajak Masyarakat Kembali Aktif Laporkan Kasus Narkoba
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Polres Metro Jakarta Selatan kembali mengajak masyarakat untuk aktif melaporkan kasus narkoba. Belakangan laporan masyarakat terkait peredaran narkoba di lingkungan tempat tinggalnya mulai menurun.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Vivick Tjangkung mengatakan, pihaknya sudah bekerja sama dengan aplikasi Qlue Indonesia sekitar 2 tahun belakangan. Namun lantaran terjadi tren penurunan laporan, pihaknya kemudian menggaungkan kembali akses laporan masyarakat secara online ini melalui sosialisasi di kegiatan Car Free Day.

"Memang seiring waktu ada penurunan (laporan). Tapi kita tidak kecewa karena ini membutuhkan kesadaran masyarakat. Masalah narkoba ini tidak gampang menggerakan hati, mental masyarakat, untuk mau secara aktif melapor," ujarnya pada wartawan, Minggu (16/9/2018).

Ia menuturkan, selain membuka akses melalui online dan media sosial, Posko Narkoba bertajuk, "Mari Gunakan Aplikasi Lapor Berantas Narkoba" di kawasan CFD ini juga merupakan akses atau wadah kepada masyarakat untuk memberikan informasi secara langsung tentang permasalahan narkoba.



Di sana terdapat pelayanan dokter, pengenalan program Qlue yang sudah dibangun dan informasi tentang bahaya narkotika. "Di sini juga ada galeri. Semua barang bukti yang diproses hukum kita sisihkan, kita buatkan kemasan, kita tampilkan," katanya.

Menurut Vivick, selama ini respons masyarakat terkait laporan menggunakan aplikasi Qlue sangat bagus. Bahkan mereka memberikan alamat danĀ  ciri-ciri orangnya. "Ini sangat bagus sekali," ucapnya.

Vivick menjelaskan, menggunakan aplikasi Qlue sangat mudah. Masyarakat hanya tinggal mengunduh aplikasi dan mengikuti panduan yang menggunakan bahasa Indonesia.

"Ada panduannya, sangat mudah sekali, tinggal membuka aplikasi Qlue, mengikuti anjuran atau cara-cara di layar handphone. Menggunakan bahasa Indonesia yang jelas. Kita instal, masukan alamat email, masukan nama, dan keluar cara-cara," katanya.

Ia berharap, melalui wadah aplikasi Qlue, masyarakat semakin peduli terhadap peredaran dan pemberantasan narkotika. "Kami punya harapan besar sekali kepada masyarakat, khususnya Jakarta Selatan, untuk peduli. Kita sudah membuka akses, kita buka fasilitas penuh untuk digunakan," tandasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak