Tumpukan Batu Aneh di Afrika Bisa Jadi Bukti Gempa Bumi Tertua

Selasa, 12 Maret 2024 - 15:09 WIB
loading...
Tumpukan Batu Aneh di Afrika Bisa Jadi Bukti Gempa Bumi Tertua
Tumpukan Batu Aneh di Afrika . FOTO/ DAILY
A A A
CAPE TOWN - Dunia kita mungkin tampak rapuh, tapi Bumi sudah ada sejak lama. Jika kita menjelajah jauh ke masa lalu, akankah kita menemukan masa yang sama sekali berbeda?



Jawabannya terletak pada beberapa peninggalan paling awal di permukaan bumi, yang ditemukan di sudut terpencil dataran tinggi Afrika bagian selatan - sebuah wilayah yang dikenal oleh ahli geologi sebagai Sabuk Greenstone Barberton.

Formasi geologi di wilayah ini terbukti sulit diuraikan, meskipun telah dilakukan banyak upaya. Namun penelitian baru menunjukkan bahwa kunci untuk memecahkan kode ini terletak pada batuan muda secara geologis yang terletak di dasar laut Samudera Pasifik di lepas pantai Selandia Baru.

Penelitian ini dimulai dengan peta geologi baru yang terperinci (oleh Cornel de Ronde) dari bagian Sabuk Greenstone Barberton. Hal ini mengungkap sebuah fragmen dasar laut dalam kuno, yang terbentuk sekitar 3,3 miliar tahun yang lalu.

Namun, ada sesuatu yang sangat aneh pada dasar laut ini, dan kita perlu mempelajari batuan yang terdapat di Selandia Baru, di ujung lain sejarah panjang Bumi, untuk memahaminya.

Para peneliti berargumen bahwa anggapan umum bahwa bumi purba adalah tempat yang lebih panas, bebas gempa bumi, dan permukaannya sangat lemah sehingga tidak mampu membentuk lempengan-lempengan kaku, adalah salah.

Sebaliknya, Bumi yang masih muda terus-menerus diguncang oleh gempa bumi besar, yang dipicu oleh pergeseran salah satu lempeng tektonik ke bawah lempeng tektonik lainnya di zona subduksi - seperti yang terjadi di Selandia Baru saat ini.

Seperti dilansir dari Science Alert, Selasa (12/3/2024), para ahli geologi telah lama kesulitan menafsirkan batuan kuno di Sabuk Greenstone Barberton.

Lapisan yang terbentuk di darat atau di perairan dangkal - misalnya, kristal barit indah yang mengkristal sebagai evaporit, atau sisa-sisa kolam lumpur yang menggelembung - ditemukan berada di atas bebatuan yang terakumulasi di dasar laut dalam. Balok-balok batuan vulkanik, rijang, batupasir, dan konglomerat berada dalam keadaan kacau balau dan bercampur aduk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3013 seconds (0.1#10.140)