alexametrics

Kampanyekan Membaca, Pemprov DKI Gelar Abang None Buku 2018

loading...
Kampanyekan Membaca, Pemprov DKI Gelar Abang None Buku 2018
Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Malam Grand Final Pemilihan Abang dan None Buku (ABNONKU) Tingkat Provinsi 2018, di IIBF, JCC, Jakarta, Jumat (14/9). Foto/SINDOnews/Komaruddin Bagja
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar kegiatan bertajuk Malam Grand Final Pemilihan Abang dan None Buku (ABNONKU) Tingkat Provinsi 2018, di Plenary Hall, Panggung Utama Indonesia International Book Fair (IIBF), Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (14/9) malam.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan minat baca melalui Gerakan Nasional Gemar Membaca dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan berpesan agar Abang dan None yang menjadi finalis bukanlah Abang-None pada umumnya. Melainkan, Abang None Buku yang punya tambahan tugas untuk mengkampanyekan kebiasaan membaca di warga Jakarta.

Menurut Anies, kebiasaan membaca adalah kunci sebuah bangsa untuk maju. Kebiasaan itu akan menjadi budaya dengan cara diajarkan dan memiliki proses pendisiplinan. Kebiasaan inilah yang akhirnya menjadi Kebudayaan, lalu menjadi Peradaban.

“Oleh karena itu, yang sedang kita bangun sama-sama lewat kegiatan Abang None Buku Tingkat Provinsi Tahun 2018 ini adalah mengkampanyekan, mengajarkan, lalu tahap berikutnya adalah membiasakan membaca,” jelas Anies pada Jumat 14 September 2018 malam.

Mantan Mendikbud itu berharap tradisi untuk mengkampanyekan kebiasaan membaca menjadi tanggung jawab seluruh warga Jakarta. Jika hal ini dilakukan, maka Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa pembelajar.

“Karena itu, 10 finalis yang ada di sini, tidak ada yang kalah. Yang ada adalah, you win or you learn. There is no loser. Karena itu semua yang di tempat ini punya masa depan, dan kesempatan yang sama, juga berharap banyak lagi kegiatan untuk membaca di lingkungan kita,” lanjut Anies.

Sebelum mencapai final, kegiatan ini telah berlangsung sejak tanggal 3 September 2018, di mana setiap 60 peserta ABNONKU yang terlibat adalah perwakilan dari 5 wilayah Kota Administrasi dan 1 Kabupaten Administrasi yang mengikuti karantina, gladi resik, hingga babak final.

Untuk diketahui, malam Grand Final Abang None Buku Tingkat Provinsi 2018 yang mengambil tema “Dari Baca, Kamu Bisa Segalanya” ini termasuk dalam rangkaian kegiatan IIBF yang berlangsung pada 12-16 September 2018 di JCC Plenary Hall Jakarta Pusat.

Adapun mengenai urutan peringkat juara Abang None Buku Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2018 adalah sebagai berikut.

Kategori: Abang Buku

1. Peringkat I diraih oleh Farhan Arrazi, nomor peserta 17 dari Jakarta Barat;

2. Peringkat II diraih oleh William Gilarso, nomor peserta 21 dari Jakarta Timur;

3. Peringkat III diraih oleh Ibrahim Sultan Jaya Sabrina, nomor peserta 41 dari Jakarta Pusat;

4. Harapan I diraih oleh Ahmad Arif, nomor peserta 23 dari Jakarta Utara;
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak