alexametrics

Telan Rp1,1 Triliun, DPRD Sebut LRT Fase Pertama Jalan Termahal di Dunia

loading...
Telan Rp1,1 Triliun, DPRD Sebut LRT Fase Pertama Jalan Termahal di Dunia
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik.Foto/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik menyarankan untuk pembangunan LRT fase kedua sebaiknya dibentuk panitia khusus (pansus) di DPRD DKI. Ini dilakukan guna mengetahui skema pembiayaan pembangunan LRT fase kedua tersebut.

"Saya menyarankan ada pansus, saya sudah usul ke Ketua DPRD terkait pansus LRT. Pertama kalau ini buat fase kedua, skema pembiayaannya seperti apa? Masih APBD atau enggak?. Kalau swasta bagaimana mekanismenya dengan yang fase 1 kan 100%  dibiayai sepenuhnya tuh kita mau hitung," kata Taufik di DPRD DKI, Kamis (13/9/2018).

Taufik menanyakan soal seberapa penting LRT fase pertama karena jalurnya tidak begitu jauh. "Yang kedua fase 1 itu manfaatnya kayak apa? Kan cuma dari Kelapa Gading ke Velodrome itu nanti kayak TMII tuh. Tempat rekreasi anak-anak. Itu mesti dikajilah," tegas Taufik.

Taufik mengaku geram dengan pembangunan LRT fase 1 tersebut karena harga per kilometer yang mencapai Rp1 triliun dianggap terlalu mahal."Itu pembangunan jalan termahal sedunia itu. Bahkan dunia akhirat Rp1,1 triliun per kilometer," kesalnya.

Untuk pembangunan LRT fase kedua, Taufik menuturkan, akan mendorong dilakukan kajian terlebih dahulu. Pasalnya pada LRT fase pertama tidak ada kajian terlebih dahulu. "Ya kalau enggak jelas untuk apa? Emang harus pemda yang biayai 100%?," tuturnya.

"Sebelum pembangunan LRT fase kedua dilakukan harus ada komunikasi intensif antara DPRD DKI," ucapnya..
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak