alexametrics

Pemprov DKI Siap Kerja Sama dengan Asean Leaders Programme

loading...
Pemprov DKI Siap Kerja Sama dengan Asean Leaders Programme
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menyatakan kesiapannya bekerja sama dengan peserta Asean Leaders Programme. Asean Leaders Programme merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan organisasi non-profit internasional Common Purpose untuk mencetak pemimpin lintas negara dan mengentaskan isu-isu perkotaan.

"Ketika membicarakan Jakarta, kita merasa isu utama adalah kemacetan dan banjir. Namun, jika ditanya masyarakat Jakarta secara keseluruhan, isu utama mereka adalah biaya hidup, akses air bersih, lapangan pekerjaan atau pengangguran, lalu pendidikan dan kesehatan," ungkap Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan di hadapan peserta Asean Leaders Programme di Ruang Pendopo, Balai Kota Jakarta pada Kamis, 13 September 2018 kemarin.

Anies mengatakan, tantangan utama dari kota-kota besar di Asean seperti Jakarta adalah aksesbilitas dan keadilan untuk mengentaskan ketidaksetaraan (inequality). Anies bercerita pengalamannya selama berkeliling di Jakarta dan menemukan ketimpangan yang sangat nyata, khususnya pada sektor kebutuhan dasar.

"Untuk itu, kami sejak awal bertugas di Pemprov DKI Jakarta berusaha menerapkan konsep City 4.0 di mana pemerintah sebagai kolaborator dan masyarakat sebagai co-creator. Banyak sekali masalah di kota ini yang membutuhkan partisipasi lebih dari masyarakat. Solusi bukan hanya datang dari kami di pemerintahan," katanya.

Anies juga menjelaskan keberagaman yang berada di Jakarta dapat terjaga dengan terus menggemakan persatuan. Kelebihan negara-negara Asia Tenggara (Asean), lanjut Anies, adalah persatuan melalui kemudahan kerja sama antar negara di dalamnya yang jarang ditemukan oleh kawasan benua lain di dunia, termasuk kerja sama bilateral dalam multisektor.

Oleh karena itu, Anies mengajak para peserta agar terlibat aktif dalam menyusun kebijakan wilayahnya masing-masing dan tidak alergi dengan kondisi perpolitikan. Anies menegaskan politik adalah salah satu sektor yang harus diisi dengan orang-orang beretika baik.

"Saya mengutip apa yang dikatakan oleh Kofi Annan bahwa jika semua orang baik hanya ingin menjadi pembayar pajak yang baik, maka siapa yang akan mengurus uang pajak tersebut. Karena itu, tugas kita sebagai pemimpin untuk memastikan bahwa orang-orang yang terlibat di dalamnya adalah orang-orang yang menjunjung tinggi integritas," ujarnya.

Ketua Delegasi Asean Leaders Programme, Adirupa Sengupta mengapresiasi sambutan hangat dan diskusi membangun yang dilakukan bersama Anies. Perempuan asal India inip un menyampaikan pertemuan kali ini akan ditindaklanjuti oleh para peserta delegasi sebelum mereka kembali ke negara masing-masing.

"Kami berharap pertemuan ini menjadi awal untuk berkolaborasi bersama Pemprov DKI Jakarta dalam mengentaskan isu-isu perkotaan," ucapnya singkat.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak