Dukung Pertanian Berkelanjutan, Surveyor Indonesia Replanting Tanaman Kopi di Pangalengan

Sabtu, 09 Maret 2024 - 13:15 WIB
loading...
Dukung Pertanian Berkelanjutan, Surveyor Indonesia Replanting Tanaman Kopi di Pangalengan
Replanting tanaman kopi ini menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh kelompok tani dalam meningkatkan hasil pertanian serta memberdayakan masyarakat warga desa Wanasuka. Foto/Dok
A A A
PANGALENGAN - Surveyor Indonesia bekerjasama dengan Sekolah Tani Indonesia melakukan replanting tanaman kopi di Pangalengan, Jawa Barat. Para petani yang tergabung dalam kelompok Tani Kencana Windu binaan Sekolah Tani Indonesia ini berada di Desa Wanasuka berfokus pada tanaman kopi dan holtikultura.



Sebanyak kurang lebih 1.000 pohon kopi di tanam di lahan 2 hektar.Program Replanting Tanaman Kopi ini berjalan dengan konsep kolaborasi dan keberlanjutan. Di mana penanaman kopi ini dilaksanakan dengan sistem organik untuk kelestarian dan konservasi lahan.

Program ini berupa pemberian bibit kopi yang berkualitas dan pendampingan budidaya yang baik untuk dapat menghasilkan kopi yang berkualitas dan bernilai ekonomi lebih tinggi.

“Program ini merupakan pemberdayaan kelompok tani Kencana Windu dan Masyarakat dalam upaya meningkatkan hasil pertanian dan perekonomian di desa Wanasuka,” ujar Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko, Rosmanidar Zulkifli.



Replanting tanaman kopi ini menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh kelompok tani dalam meningkatkan hasil pertanian serta memberdayakan masyarakat warga desa Wanasuka.

Rosmanidar menjelaskan, bahwa program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL) PT Surveyor Indonesia sangat didukung oleh masyarakat lokal dalam mewujudkan program-program TJSL yang berkelanjutan. “Beberapa program telah dijalankan dengan dukungan dan kontribusi positif dari masyarakat lokal yang terlibat, salah satunya adalah Kelompok Tani Kencana Windu,” ujarnya.

Dengan melibatkan Sekolah Tani Indonesia, kelompok tani Kencana Windu dan masyarakat desa Wanasuka dalam proses pengembangan program TJSL, PT Surveyor Indonesia dapat menghasilkan solusi-solusi yang lebih beragam, relevan, dan program berkelanjutan.

Keterlibatan masyarakat desa Wanasuka dalam proses perencanaan dan pelaksanaan program, meningkatan keberlanjutan, ide-ide inovatif masyarakat dan membantu menciptakan program yang lebih tahan lama dan berdampak jangka panjang.

Selain itu melibatkan Sekolah Tani Indonesia dalam kemitraan dengan pelaku usaha lokal dapat menciptakan peluang kerja dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Program ini dapat merangsang inisiatif ekonomi yang mendukung keberlanjutan dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Salah satunya penyerapan hasil usaha berinteraksi langsung dengan konsumen sehingga petani mitra mendapatkan harga yang lebih tinggi daripada harus menjual hasil panen kepada tengkulak serta penerapan sistem timbang langsung bayar.

Pengembangan model bisnis sosial yang melibatkan Sekolah Tani Indonesia juga dapat memberikan manfaat sosial untuk menciptakan peluang ekonomi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)