Cak Eko Bagikan Ilmu Wirausaha Rumahan di Kaliabang Tengah

Sabtu, 08 September 2018 - 16:03 WIB
Cak Eko Bagikan Ilmu Wirausaha Rumahan di Kaliabang Tengah
Cak Eko Bagikan Ilmu Wirausaha Rumahan di Kaliabang Tengah
A A A
JAKARTA - Penggiat dan praktisi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Nasional Henky Eko Sriyantono yang akrab dipanggil Cak Eko terus melakukan Gerakan Membangun Kemandirian Ekonomi Keluarga melalui pemberdayaan UMKM.

Hari ini bersama Astri Indrayana penggiat UMKM Kota Bekasi melakukan kegiatan yang dikemas dalam pelatihan cooking class dan memulai usaha rumahan untuk ibu-ibu warga Perumahan Alinda Kencana II RT02/27 Kaliabang Tengah, Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Cak Eko mengaku antusias ibu-ibu sangat tinggi. "Antusias mereka sangat tinggi karena di acara tersebut para ibu-ibu diberikan resep anti gagal membuat Fried Chicken dan Bolu Gulung" ibu-ibunya sangat aktif bertanya dan langsung ikut terlibat diproses pembuatan," katanya di Bekasi, Sabtu (8/9/2018).

Hal yang sama juga disampaikan Niken warga RT02/027 menyampaikan kesan terhadap acara ini bahwa program pemberdayaan yang dilakukan Cak Eko bersama Astri Indrayana sangat bermanfaat di dalam membangun kemandirian ekonomi keluarga, sehingga menginginkan agar pemberdayaan seperti ini bisa diadakan kembali untuk RW lainnya di wilayah Perum Alinda Kencana II secara merata. "Karena jumlah warga kami khususnya ibu-ibu cukup banyak," tutupnya.

Diakui Cak Eko, di setiap pelatihan yang diberikan, antusias ibu-ibu cukup tinggi. "Sebelumnya kami juga sudah melakukan pelatihan untuk berbagai komunitas ibu-ibu di Kota Bekasi dan Depok di antaranya di wilayah Harapan Jaya, Pekayon, Bekasi Jaya, Taman Galaxi, Bintara Jakasetia, Bekasi Utara, Marga Mulya, Beji Permai, Cinere Depok, Medan Satria, komunitas penjual kue, komunitas go kitchen, komunitas pengajian ukhtifillah, komunitas koperasi syariah ukhuwah Pro IBU, komunitas RKMM (resep kue makanan & minuman), Prima Harapan Regency, Duta Harapan, Tytyan Kencana dll antusias ibu-ibu juga tinggi, terbukti dengan banyaknya peserta ibu-ibu yang ikut".

Cak Eko berharap, setelah megikuti pelatihan ini, ibu-ibu bisa memulai buka usaha rumahan. Di samping itu agar masing-masing peserta bisa lebih produktif dan mandiri.

"Karena tujuan kami memang itu, terciptanya kemandirian ekonomi keluarga melalui sektor UMKM," ungkapnya.

Mewakili peserta yang ikut ibu Desya dari RT02/27 menyampaikan perasaan puas dengan pelatihan hari ini karena mendapatkan ilmu baru dan resep anti gagal dalam membuat fried chicken dan bolu gulung, tentunya ini akan jadi peluang untuk ibu-ibu buka usaha menambah pendapatan keluarga, ucapnya.

Setelah mengikuti pelatihan ini para ibu-ibu warga Alinda Kencana II yang ikut pelatihan tadi otomatis langsung masuk sebagai anggota komunitas Sahabat Henky Eko Sriyantono dan Kerabat Gunawan melalui WA grup sehingga proses mentoring tetap berjalan. Komunitas ini selanjutnya menjadi wadah komunikasi bagi para anggotanya untuk bisa diskusi dan konsultasi seputar usaha yang akan dijalani maupun yang sudah berjalan bisa terus maju.

"Di komunitas ini saya sekaligus menjadi mentornya dalam memberikan arahan dan solusi mengenai usaha rumahan dengan modal kecil," ujar Henky Eko Sriyantono.

Ilmu cooking class yang diajarkan oleh Cak Eko tidak sebatas hanya membuat fried chicken dan bolu gulung saja, namun juga, wajik, brownies kukus, martabak mini, bakso, sempol dan kue lainnya. Untuk pekan ini sudah ada komunitas ibu-ibu di wilayah kelurahan lain di kota Bekasi dan Depok yang meminta diajarkan membuat bakso dan fried chicken. Tapi untuk setiap sesi pelatihan diajarkan dua menu saja agar peserta dapat lebih fokus dan menyerap ilmu dengan baik.

Pelatihan dan pemberdayaan ini gratis untuk komunitas ibu-ibu di wilayah kota Bekasi dan kota Depok. "Jadi bila ada komunitas ibu-ibu PKK, arisan, pengajian, keagamaan, yang tertarik untuk mendapatkan pelatihan ini secara gratis langsung daftar saja melalui WA di nomor : 085921699018 agar bisa diatur jadwalnya sekaligus jenis menu yang dipilih," tutup Henky Eko Sriyantono (Cak Eko).
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8566 seconds (0.1#10.140)