ChatGPT Hadirkan Fitur Baru untuk Tunanetra, Pakai Perintah Suara

Jum'at, 08 Maret 2024 - 13:56 WIB
loading...
ChatGPT Hadirkan Fitur Baru untuk Tunanetra, Pakai Perintah Suara
ChatGPT kini dilengkapi fitur baru untuk membantu pengguna tunanetra. (The Verge)
A A A
JAKARTA - ChatGPT kini dilengkapi fitur baru untuk membantu pengguna tunanetra. Fitur baru tersebut sudah tersedia di aplikasi ChatGPT baik versi Android maupun iOS.

Seperti dilansir dari postingan OpenAI di X pada Jumat (8/3/2024), fitur baru ini dapat dioperasikan lewat perintah suara. Nantinya pengguna tunanetra juga bisa meminta chatbot untuk membacakan hasil pencarian.

Untuk bisa menggunakan fitur baru yang dihadirkan, pengguna cukup klik opsi "Read Aload" yang tersedia. Dikatakan bahwa fitur mendukung total 37 bahasa berbeda.

Pengguna juga dapat menggunakan “Read Aload” di aplikasi Chat GPT baik sebagai pengguna gratis dengan model bahasa utama besar GPT-3.5, atau sebagai pelanggan berbayar dengan akses ke GPT-4.



Ini adalah contoh menarik tentang apa yang dapat dilakukan OpenAI dengan kemampuan multimodal, yaitu kemampuan membaca dan merespons melalui lebih dari satu media, yang terungkap segera setelah pesaingnya, Anthropic, menambahkan fitur serupa ke model AI-nya.

ChatGPT meluncurkan fitur chat suara pada bulan September 2023 di mana pengguna dapat langsung menanyakan perintah chatbot tanpa mengetik. Namun fitur baru ini memungkinkan pengguna ChatGPT membacakan jawaban tertulis dengan lantang, dan pengguna dapat mengatur chatbot agar selalu merespons secara verbal saat merespons perintah.



Di aplikasi seluler, pengguna dapat mengetuk dan menahan teks untuk membuka pemutar Read Aloud, tempat mereka dapat memutar, menjeda, atau memundurkan pembacaan. Untuk versi web menunjukkan ikon speaker di bawah teks.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2175 seconds (0.1#10.140)