Bos The Fed Beri Sinyal Pangkas Suku Bunga, Wall Street Menanjak Naik

Kamis, 07 Maret 2024 - 06:48 WIB
loading...
Bos The Fed Beri Sinyal Pangkas Suku Bunga, Wall Street Menanjak Naik
Wall Street dibuka menguat pada perdagangan, Rabu (6/3) waktu setempat ketika pelaku pasar merespons positif pidato Gubernur Federal Reserve atau Bank Sentral AS (The Fed) Jerome Powell. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wall Street dibuka menguat pada perdagangan, Rabu (6/3) waktu setempat ketika pelaku pasar merespons positif pidato Gubernur Federal Reserve atau Bank Sentral AS ( The Fed ) Jerome Powell yang memperkirakan penurunan suku bunga pada tahun ini.



Dow Jones Industrial Average (.DJI) menguat 0,51% menjadi 38.783,37. Sedangkan indeks S&P 500 (.SPX) dibuka naik 0,67% di 5.112,47, sementara Nasdaq Composite (.IXIC) terbang 0,98% menjadi 16.095,89 pada bel pembukaan.

Dalam pidatonya di depan anggota DPR AS, Powell menyebut inflasi Amerika Serikat telah menurun secara signifikan setelah mencapai level tertingginya pada 2022. Namun, ia menyebut para pengambil kebijakan masih hati-hati dalam mengambil kebijakan.

“Jika perekonomian berkembang secara merata seperti yang diharapkan, kemungkinan akan tepat untuk mulai menarik kembali pembatasan kebijakan di tahun ini,” kata Powell dalam pidatonya yang disiapkan untuk disampaikan kepada Komite Jasa Keuangan DPR AS, dilansir Reuters.



CEO Ladenburg Thalmann Asset Management, Phil Blancato, menilai komentar Bos The Fed tersebut sejalan dengan apa yang diharapkan pasar.

"Dia sangat berhati-hati dalam menyampaikan pendapatnya mengenai kesehatan ekonomi AS secara keseluruhan. Dan, dari sudut pandang inflasi (target), kita belum sampai di sana,” paparnya.

Sebelumnya ketiga indeks berakhir melemah lebih dari 1% pada Selasa di tengah melemahnya saham big caps seperti Tesla (NASDAQ:TSLA) dan Apple (NASDAQ:AAPL). Fokus investor mulai beralih terhadap kebijakan The Fed setelah kenaikan inflasi pada Februari lalu sempat mengurangi harapan pemotongan suku bunga lebih awal.

Indikator FedWatch membaca peluang sebesar 72,7% bahwa The Fed akan mulai memangkas suku bunga pertama tahun ini, yakni pada bulan Juni.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)