Asian Games Selesai, DKI Pastikan Kali Item Tetap Ditangani

Senin, 03 September 2018 - 14:49 WIB
Asian Games Selesai, DKI Pastikan Kali Item Tetap Ditangani
Asian Games Selesai, DKI Pastikan Kali Item Tetap Ditangani
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan Kali Sentiong atau dikenal Kali Item di Kemayoran, Jakarta Pusat, tetap akan ditangani walaupun Asian Games 2018 telah selesai. Pemasangan jaring hitam (waring) dipertahankan agar bau menyengat dan pemandangan tak sedap dapat berkurang.

"(Pemasangan jaring) masih akan terus dilakukan, ini kan juga ada Inasgoc, tetap jalan terus," ujar Kepala Dinas Sumber Daya Air Teguh Hendrawan saat dihubungi di Jakarta, Senin (3/8/2018).

Dia menuturkan, Pemprov DKI akan terus berupaya agar kali tersebut bersih dan tak lagi mengeluarkan aroma menyengat. Bukan hanya karena ada Asian Games, tapi berkelanjutan.

Kali Item menjadi sorotan jelang pelaksanaan Asian Games 18 Agustus 2018 lalu. Kali yang berada di tepi Wisma Atlet Kemayoran itu tidak hanya kotor dan hitam pekat, tapi juga mengeluarkan hawa busuk.

Untuk menghindari aroma tak sedap itu, Pemprov DKI Jakarta lantas memasang jaring hitam. Tak hanya itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga menyebarkan mikroba untuk mengurai bakteri penyebab bau menyengat tersebut.

Teguh menegaskan, selama belum ada instruksi berhenti dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, penanganan akan tetap dilanjutkan. "Semua jalan terus. Pemompaan, pemasangan nano bubble, proses injection untuk microbiologi-nya, semua jalan terus," kata dia.

Teguh menekankan, dengan berbagai upaya itu aroma Kali Item berkurang. Atlet dan warga sekitar juga tak mengeluhkan. Pemprov DKI bersama Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) dan pemerintah pusat berhasil menangai permasalahan yang terjadi sebelum perhelatan Asian Games dimulai.

"Sekarang pertanyaan saya ada yang komplain enggak? Itu saja. Buktinya enggak dikomplain tuh, alhamdulillah?," ujarnya. (Baca Juga: Upaya DKI Kurangi Bau di Kali Item Membuahkan Hasil(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5567 seconds (0.1#10.140)