Ampuh Cegah Risiko Kanker, Ini Manfaat Sunscreen untuk Melindungi Kulit

Senin, 04 Maret 2024 - 14:10 WIB
loading...
Ampuh Cegah Risiko Kanker, Ini Manfaat Sunscreen untuk Melindungi Kulit
Manfaat sunscreen untuk kulit diyakini dapat melindungi dari paparan sinar matahari, meremajakan, melembutkan dan mencegah iritasi. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Manfaat sunscreen untuk kulit diyakini dapat melindungi dari paparan sinar matahari, meremajakan, melembutkan dan mencegah iritasi.

Bahkan, memakai sunscreen dapat memberikan perlindungan terhadap risiko kanker kulit, jenis kanker yang paling berbahaya dan kerap menjadi risiko seiring dengan pertambahan usia.

Untuk menambah referensi kamu tentang sunscreen, simak manfaat skincare atau yang lazim disebut tabir surya ini.

Manfaat Sunscreen untuk Kulit





1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari


Terpapar sinar matahari bisa memberi dampak yang buruk bagi kulit wajah. Untuk jangka pendeknya, efek buruk yang bisa dirasakan adalah kulit menjadi memerah, kering, belang, mengelupas dan terasa perih. Sementara untuk jangka panjangnya bisa menyebabkan proses penuaan dini yang mengarah pada kerutan, flek, bahkan yang lebih parah adalah kanker kulit.

Sinar matahari sendiri terbagi beberapa jenis, yang paling dikenal adalah sinar UVA dan UVB. Sinar UVA mampu merusak kulit dengan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini muncul. Sementara sinar UVB memicu sensasi perih terbakar, menciptakan efek belang sekaligus gelap di kulit.

Nah, untuk meminimalisir bahaya dari paparan sinar matahari, sunscreen wajib digunakan. Salah satu manfaat sunscreen adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari saat kamu beraktivitas di luar ruangan.

2. Mencegah Penuaan Dini


Sunscreen membantu memberikan perlindungan terhadap sinar UV yang dapat menyebabkan penggelapan warna kulit, munculnya noda hitam, penuaan dini, serta warna kulit tidak merata. Efek buruk dari paparan sinar matahari dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini. Misalnya, kulit kering, kasar, muncul bintik hitam, garis halus, bahkan kerutan pada wajah. Bila tanda-tanda penuaan dini tersebut tidak ingin terjadi, gunakanlah sunscreen sebelum keluar ruangan dan sebelum menggunakan makeup.

3. Mencegah Kanker Kulit


Terlalu lama terpapar sinar matahari, bisa memberikan dampak buruk bagi kulit yang disebabkan karena radiasi UVB. Radiasi ini memungkinkan kamu terkena sunburn, yang merupakan tanda kerusakan DNA pada sel kulit. Bila DNA mengalami kerusakan berisiko menyebabkan kanker kulit. Nah, salah satu manfaat sunscreen adalah mencegah pengaruh buruk dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Dengan menggunakan sunscreen setiap hari, risiko terkena kanker kulit ini bisa diminimalisir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)