Deretan 6 Kampus Bergengsi yang Berpartisipasi di University War

Minggu, 03 Maret 2024 - 09:03 WIB
loading...
Deretan 6 Kampus Bergengsi yang Berpartisipasi di University War
Ada enam kampus terbaik yang ikut serta dalam reality show Korea University War. Foto/Screenshot.
A A A
JAKARTA - University War kini tengah jadi reality showkorea yang banyak curi perhatian. Dalam acara yang tengah memasuki season ke-2 ini para mahasiswa yang berasal dari beberapa universitas top akan bertanding untuk menentukan siapa yang paling cerdas.

Terdapat berbagai kegiatan yang dilakukan dalam acara televisi ini, mulai dari permainan logika hingga matematika. Universitas yang mengikuti acara ini rupanya bukan perguruan tinggi sembarangan.

Ada lima universitas terbaik di Korea Selatan yang ikut serta dalam University War. Mereka mengirimkan empat mahasiswa dan mahasiswinya yang akan berpartisipasi, terdapat pula tim mahasiswa dari Harvard University.

6 Kampus yang Berpartisipasi di University War

1. Yonsei University


Universitas yang didirikan pada tahun 1885 ini berada di posisi 76 dalam QS World University Ranking 2024, bersaing sengit dengan kembarannya di SKY, Korea University.

Baca juga: Biodata dan Profil Lengkap 24 Peserta University War serta Akun Instagram-nya

Perguruan Tinggi ini dikenal sebagai tempat belajarnya penggiat dunia hiburan Korea Selatan. Sebut saja seperti, bos JYP Entertainment J.Y. Park, sutradara film Parasite Bong Joon-Ho, dan artis Knowing Bros Seo Jang-Hoon merupakan alumnus Yonsei.

2. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)


KAIST didirikan pada tahun 1971 sebagai universitas dengan orientasi penelitian pertama di Korea. KAIST unggul dalam bidang fisika, matematika, teknik, bahkan ilmu sosial, bisnis dan manajemen.

KAIST untuk saat ini menempati posisi 56 DALAM QS World University Rankings 2024. Presiden Samsung Electronics Park Hark-Kyu, Astronot Korea Selatan Yi So-Yeon, hingga peneliti di Harvard University Kwang-Soo Kim, adalah alumni dari universitas ini.

3. Korean University


Universitas yang memiliki maskot singa ini telah berdiri sejak 1905. Universitas ini terkenal akan prodi hukumnya yang terbilang favorit.

Baca juga: Kampusnya Juarai University War, Ini Daftar Bintang Drakor Alumni Seoul National University

KU yang berada di posisi 79 pada QS World University Ranking 2024, adalah tempat dimana Presiden ke-10 Korea Selatan Lee Myung-bak menempuh pendidikannya.

4. Pohang University of Science and Technology (POSTECH)


POSTECH yang telah berdiri sejak 1986 ini merupakan rumah bagi Laboratorium Akselerator Pohang dan lebih dari 73 pusat penelitian, serta menjadi satu-satunya fasilitas radiasi sinkrotron di Korea Selatan.

Berdasarkan ranking yang dikeluarkan QS World University Ranking 2024, POSTECH bisa dibilang menempati urutan terbawah dengan berada di posisi lebih dari 100.

5. Seoul National University (SNU)


Perguruan Tinggi yang telah berdiri sejak 1946 ini dikenal akan persaingan masuknya yang ketat. Laman resmi SNU juga mengatakan jika SNU dikenal sebagai tempat belajarnya para pemimpin.

SNU yang merupakan penengan University War Season 1 ini berada di posisi 41 dalam QS World University Rankings 2024.

Bersanding dengan SNU adalah Korea University (KU) dan Yonsei University. Ketiga universitas ini sering disingkat dengan sebutan Universitas SKY, yakni universitas terbaik dan paling selektif di Korea Selatan.

6. Harvard University


Salah satu universitas bergengsi asal AS rupanya juga mengirimkan perwakilan mereka di University War. Mereka yang ikut serta dalam acara ini adalah mahasiswa Korea yang berkuliah di Harvard, di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat.

Harvard sendiri merupakan salah satu universitas terbaik di dunia, yang menempati posisi 4 dalam QS World University Rankings 2024.

Itulah enam kampus yang berpartisipasi di University War. Menarik untuk dinantikan, manakah kampus yang akan memetik kemenangan di season kedua ini.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2857 seconds (0.1#10.140)