Mengenal D915, Jalan Paling Berbahaya di Dunia

Jum'at, 01 Maret 2024 - 16:26 WIB
loading...
Mengenal D915, Jalan Paling Berbahaya di Dunia
Jalur D915 di Turki ditahbiskan sebagai jalan paling berbahaya di dunia. (Foto: Reddit)
A A A
JAKARTA - Jalur D915 di Turki ditahbiskan sebagai jalan paling berbahaya di dunia. Jalan sepanjang 105 Km ini menghubungkan kota Of dan Bayburt di Timur Turki. Medan jalanan ini disebut-sebut jauh lebih ekstrem ketimbang Jalan Kematian di Bolivia.

Dilansir dari Oddity Central, Jumat (1/3/2024), selama bertahun-tahun, Jalan Yungas di Bolivia dikenal sebagai Jalan Kematian. Tempat ini memegang gelar sebagai jalan paling berbahaya di dunia. Trek kerikil yang berliku-liku melalui pegunungan Cordillera Oriental hingga ketinggian 4650 meter telah membuat Yungas menjadi salah satu objek wisata paling populer di Bolivia , menarik sekitar 25.000 orang setiap tahun.

Namun, menurut beberapa petualang, ada satu jalan yang melampaui Jalan Kematian dalam hal medan yang ekstrem. Menghubungkan Provinsi Anatolia Timur Laut Turki dengan Laut Hitam, jalan pegunungan D915 memiliki banyak tikungan dan jurang yang membuatnya sangat berbahaya untuk dilalui bahkan bagi pengemudi terampil sekalipun.

Sejarah jalan D915 dapat ditelusuri kembali ke Kampanye Trebizond (1916 - 1918), yang menghasilkan penangkapan Trabzon oleh pasukan Rusia. Dikatakan jalan ini dibangun oleh tentara Rusia hanya dengan menggunakan alat tradisional. Meskipun bagian-bagian tertentu di setiap ujungnya dipaving dengan aspal, sebagian besar masih terdiri dari kerikil.



D915 tidak terlihat sangat ekstrem pada awalnya, tetapi saat menjelajahi lebih jauh segera ujung aspal digantikan oleh kerikil dan jalan menjadi lebih sempit serta curam. Jalan ini memiliki total 38 tikungan tajam, yang paling terkenal adalah Tikungan Derebaşı. Ada 17 tikungan di atas jarak 5,1 km, dari ketinggian 1.712 m hingga 2.035 m di atas permukaan laut, dengan gradient mencapai 17%.

Tidak ada pagar pengaman untuk mencegah kendaraan jatuh ke jurang di bawah, dan bagian-bagian jalan yang paling curam sangat sempit, sehingga ketika dua kendaraan bertemu dari arah berlawanan, salah satunya harus mundur untuk memberi ruang. Hal ini terutama berbahaya dalam kondisi cuaca buruk seperti kabut tebal atau hujan, yang sering terjadi, bahkan selama musim panas. Karena salju dan es akan membuat D915 jauh lebih berbahaya untuk dilalui, jalan ini biasanya ditutup antara bulan Oktober dan akhir Juni/awal Juli.



Beberapa tikungan di D915 begitu sempit, kendaraan yang lebih besar kesulitan untuk melewatinya dalam satu manuver, tanpa kendaraan lain datang dari arah berlawanan, tetapi ini adalah jalan yang relatif sibuk, digunakan oleh ratusan warga setempat setiap hari. Ada dua jalan alternatif lain antara Of dan Bayburt, tetapi D915 lebih pendek, sehingga lebih disukai, meskipun berbahaya.

Saat berkelok-kelok ke puncak gunung, D915 menawarkan pemandangan luar biasa, tetapi karena medannya berat, tidak direkomendasikan sebagai objek wisata. Satu kesalahan saja bisa berakhir tragis, jadi hanya pengemudi berpengalaman dan terampil, bukan wisatawan yang mencari sensasi, yang boleh menjelajahinya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)