Ratusan Pedagang Eks Pasar Rawa Buaya Segera Menempati Kios di Rusun

Jum'at, 17 Agustus 2018 - 14:16 WIB
Ratusan Pedagang Eks Pasar Rawa Buaya Segera Menempati Kios di Rusun
Ratusan Pedagang Eks Pasar Rawa Buaya Segera Menempati Kios di Rusun
A A A
JAKARTA - Ratusan pedagang bakal menempati kios kios di lima tower Rusunawa Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat. Mempercepat hal itu, Sudin UMKM Jakarta Barat akan melakukan pengundian kios dalam waktu dekat.

Kasudin UMKM Jakarta Barat, Nuraini Sylviana mengatakan pihaknya masih melakukan pendataan ulang terhadap sekitar 400 pedagang bekas Pasar Rawa Buaya. “Kita rampungkan, kita undi, karena jumlah kiosnya tidak sesuai dengan jumlah pedagang,” kata Sylvi, Jumat (17/8/2018).

Pantauan SINDOnews, kondisi rusunawa pun telah siap ditempati. Bangunan yang telah jadi sejak awal tahun ini tampak rapih, tiga orang warga relokasi Taman Kota telah menempati rusunawa itu. Termasuk kios pedagang, yang berada di lantai 1, 2, dan 3.

Kondisi kios telah rapih dan bersih, kios berukuran 2 x 1,5 meter itu sudah tersambung listrik dan air bersih. Kondisi kios tampak terbuka disisi kanan kiri dengan menggunakan teralis besi, dibagian depan tertutup oleh rolling door, sementara dibagian belakang tertutup triplek.

Sylvi mengatakan kini serah terima sudah dilakukan antara Dinas Gedung dan Aset DKI Jakarta dengan Dinas UMKMP DKI Jakarta. Sejumlah kunci kios juga telah diserahkan oleh Dinas UMKMMP kepada pihaknya. Karena itu pengundian akan dilakukan.

Dalam penempatan nantinya, Sylvi akan membagi pedagang sesuai jenis dagangannya. Pedagang daging dan sayur akan dipisahkan dengan pedagang klontong. Cara ini agar kondisi pasar tetap rapih dan teratur. “Yang jelas secepatnya pedagang akan menempati, tentu setelah pengundian selesai,” ucapnya.

Sementara itu, mengenai kurangnya pasar, Sylvi mengatakan akan berkoordinasi dengan sejumlah perusahaan untuk membangunkan kios tambahan di dasar rusunawa. Sebab dari data lama tercatat jumlah pedagang mencapai 400, sementara jumlah kios hanya 200 kios. “Nanti kita pakai CSR untuk membangun kios di lokasi itu,” terang Sylvi.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3963 seconds (0.1#10.140)