PAM Jaya Pastikan Suplai Air Bersih Aman ke 51 Venue Asian Games

Senin, 13 Agustus 2018 - 20:44 WIB
PAM Jaya Pastikan Suplai Air Bersih Aman ke 51 Venue Asian Games
PAM Jaya Pastikan Suplai Air Bersih Aman ke 51 Venue Asian Games
A A A
JAKARTA - PAM Jaya bersama dengan kedua mitra operatornya (PALYJA dan AETRA), memastikan suplai air ke 51 titik venue Asian Games di Jakarta aman dan terjaga kuantitasnya, kualitas, serta kontinuitasnya.

Sebanyak 51 venue tersebut terdiri atas 16 venue yang merupakan pelanggan PAM, 27 venue pelanggan tidak langsung PAM yang dilayani melalui meter induk ke pengelola kawasan/BLU Setneg (GBK, Ancol, dan PPKK/Wisma Atlit), serta delapan venue bukan pelanggan PAM (pengguna air tanah).

Direktur Utama PAM Jaya Erlan Hidayat menyebutkan, ada beberapa komitmen yang dicanangkan oleh pihaknya dalam mendukung Asian Games 2018. Komitmen tersebut dibuktikan dengan peningkatan pelayanan, di antaranya relokasi dan rehabilitasi meter induk di kawasan Gelora Bung Karno (GBK).

"Perbaikan ini meningkatkan suplai air ke kawasan Gelora Bung Karno dari 10 liter/detik menjadi 50 liter/detik. Selain itu juga meningkatkan tekanan dari sebelumnya 0,3 atm menjadi 0,7 atm," ujar Erlan di Jakarta, Senin (13/8/2018).

Komitmen kedua yaitu meningkatkan pemanfaatan air baku di Kanal Banjir Barat melalui penerapan teknologi Moving Bed Bio Reactor (MBBR) dengan memanfaatkan mikroba untuk mengurangi amoniak terkandung dalam air baku, sehingga memperbaiki kulitas untuk diolah lebih lanjut.

Ketiga, mengoptimalkan suplai air dengan mengatur alokasi dan tekanan air dari Instalasi Pengolahan Air 1 Pejompongan ke wilayah Senayan dengan tetap memperhatikan wilayah-wilayah sekitar sehingga kebutuhan airnya terpenuhi.

PAM Jaya bersama PALYJA dan AETRA juga membentuk Tim Gabungan Suplai Air Bersih Asian Games. Tim ini memiliki wewenang untuk memobilisasi sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung Asian Games, termasuk pengecekan detail, perbaikan, dan pengamanan suplai dan kualias air, serta pengiriman truk tangki air ke lokasi dengan segera.

Erlan mengatakan, PAM Jaya sudah menyiapkan 17 unit truk tangki untuk mendukung Asian Games, dimana enam diantaranya sudah proses akreditasi oleh pihak penyelenggara Asian Games.

"PAM Jaya juga mendapatkan bantuan truk tangki dari Kementerian PUPR sebanyak 20 unit yang standby apabila dibutuhkan," kata Erlan.

Dalam masa persiapan, Tim Gabungan Suplai Air Bersih Asian Games telah dan sedang melakukan beberapa pekerjaan, di antaranya pengecekan rutin kualitas air di seluruh venue Asian Games di Jakarta.

Pengecekan ini tidak hanya sampai pada titik meter dinas milik PAM saja, namun juga sampai kepada titik kran pelanggan untuk memastikan kondisi kualitas air tetap terjaga seperti yang dipersyaratkan di dalam Permenkes Nomor 492/2010.

"Pengecekan kualitas air pada Drinking Fountain yang terdapat di kawasan Gelora Bung Karno dan Velodrome. Sebanyak 40 titik drinking fountain Indoor dan 16 titik drinking fountain outdoor di kawasan GBK dan 1 titik drinking fountain di Velodrome yang dibangun Aetra," ucapnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6503 seconds (0.1#10.140)