alexametrics

Proyek DDT Dilanjutkan, KRL Bogor Pindah ke Jalur 8 dan 10

loading...
Proyek DDT Dilanjutkan, KRL Bogor Pindah ke Jalur 8 dan 10
Alat berat tengah bekerja di lokasi proyek DDT. Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Ditjen KA) pada Sabtu 11 Agustus 2018 telah melaksanakan kegiatan Switch Over II (SO2). Hal itu untuk memperlancar penyelesaian pembangunan proyek Double Double Track (DDT) paket A stasiun Manggarai-Jatinegara phase I 2018.

"Kegiatan ini berupa penonaktifkan sementara jalur 6 dan 7 pada Stasiun Manggarai dan untuk sementara waktu pelayanan KRL Bogor Line ke jalur 8 dan 10," kata Vice President (VP) Komunikasi Perusahaan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Eva Chairunisa kepada wartawan, Senin (13/8/2018).



Eva melanjutkan, perpindahan jalur tersebut dilakukan sejak Sabtu 11 Agustus 2018. Setelah perpindahan itu, Kemenhub akan kembali melaksanakan penyelesaian tahapan pembangunan Stasiun Manggarai di jalur 6 dan 7 eksisting.

Nantinya, pada akhir tahun 2020, direncanakan seluruh pembangunan konstruksi DDT Paket A dan B (Dipo Cipinang dan jalur DDT stasiun Jatinegara-Cikarang) akan selesai. Apabila telah resmi beroperasi, Stasiun Manggarai akan menjadi Stasiun Sentral KA yang modern.

Pelaksanaan pemindahan jalur tersebut akan berdampak pada perubahan pola operasi KRL Bogor Line, yaitu bertambahnya waktu perjalanan KRL sekitar 5-10 menit. Sebagai contoh, waktu perjalanan KRL lintas Bogor-Jakarta Kota dari yang semula 1 jam 55 menit menjadi 2 jam atau 2 jam 5 menit.

Terkait dengan kondisi tersebut, Pemerintah mengharapkan pengertian masyarakat pengguna jasa KRL atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan hingga penyelesaian Pembangunan Stasiun Manggarai sebagai Stasiun Central yang modern.

"Untuk itu, Pemerintah bersama PT KAI DAOP I serta operator KRL, PT KCI mengimbau kepada masyarakat untuk dapat menyesuaikan waktu perjalanannya ketika menggunakan KRL, terutama pada lintas Bogor Line," lanjutnya.

Menurut Eva, dengan kondisi tersebut para pengguma jasa khususnya lintas Bogor-Jakarta Kota/Angke/Kampung Bandan/Jatinegara dan sebaliknya diimbau agar mengatur kembali perjalanannya dengan memilih keberangkatan lebih awal krn kemungkinan akan terjadi perpanjangan waktu perjalanan sekitar 5 sampai 10 menit khusus nya pada saat akan melintas di Manggarai.

"Pengguna yang transit di stasiun manggarai juga diharapkan selalu mendengarkan imbauan petugas terkait informasi perpindahan jalur 6 dan 7 yang tidak dioperasionalkan lagi dan berpindah ke jalur 8 dan 10 untuk KRL tujuan Bogor," katanya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak