alexametrics

Cak Eko Lakukan Pemberdayaan Ibu-ibu PKK dan Posyandu di Bekasi

loading...
Cak Eko Lakukan Pemberdayaan Ibu-ibu PKK dan Posyandu di Bekasi
Cak Eko terus melakukan Gerakan Membangun Kemandirian Ekonomi Keluarga melalui pemberdayaan UMKM di Medan Satria, Bekasi. Foto/Istimewa
A+ A-
BEKASI - Penggiat dan praktisi UMKM Nasional Henky Eko Sriyantono yang akrab dipanggil Cak Eko terus melakukan Gerakan Membangun Kemandirian Ekonomi Keluarga melalui pemberdayaan UMKM.

Hari ini bersama Arfan Arfian penggiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bekasi melakukan kegiatan yang dikemas dalam pelatihan cooking class dan memulai usaha rumahan modal kecil di wilayah RW10 Kelurahan Medan Satria, Kota Bekasi tepatnya di pemukiman padat Jalan Siliwangi.

Cak Eko mengaku antusias warga sangat tinggi. "Antusias masyarakat sangat tinggi karena di acara tersebut para ibu-ibu diberikan resep anti gagal membuat Ayam Fried Chicken dan Bolu Gulung Pelangi, ibu-ibunya sangat aktif bertanya dan langsung ikut terlibat diproses pembuatan," katanya di Bekasi, Minggu (12/8/2018).

Diakui Cak Eko, setiap pelatihan yang diberikan, antusias ibu-ibu cukup tinggi. "Sebelumnya kami juga sudah melakukan pelatihan di Kota Bekasi dan Depok di antaranya di wilayah Harapan Jaya, Pekayon, Bekasi Jaya, Taman Galaxi, Bintara Jakasetia, Beji Permai, Cinere, Depok dll antusias ibu-ibu juga tinggi, terbukti dengan banyaknya peserta yang ikut," kata Cak Eko.

Pelatihan hari ini merupakan pelatihan yang ketiga kalinya di wilayah Medan Satria, bahkan permintaan terus mengalir dari RW lainnya di wilayah Medan Satria setelah mereka lihat hasil dari pelatihan yang pertama, kedua, dan ketiga (hari ini), dan kami akan atur jadwalnya tambah Arfan Arfian.

Dalam pelatihan kali ini, Ketua RW10 H Hasan dan Ketua Karang Taruna bung Rizal yang juga penggerak lingkungan RW10 juga ikut terlibat aktif dan mensupport kegiatan ini karena bernilai pemberdayaan ekonomi warga. Baik ketua RW maupun ketua Karang Taruna meminta diadakan kembali dengan menghadirkan jumlah warga yang lebih besar agar banyak yang mendapatkan manfaat dari kegiatan ini dan sekaligus dibarengkan dengan kegiatan posyandu.

Cak Eko berharap, setelah megikuti pelatihan ini ibu-ibu bisa mandiri dengan menjalankan usaha di rumah agar bisa produktif dan mandiri. "Karena tujuan kami memang itu, terciptanya kemandirian ekonomi keluarga melalui sektor UMKM," ungkapnya.

Setelah mengikuti pelatihan ini para ibu-ibu di wilayah Medan Satria secara otomatis langsung masuk sebagai anggota komunitas Sahabat Henky Eko Sriyantono dan Sobat Arfan Arfian melalui WA group sehingga proses mentoring tetap berjalan. Komunitas ini selanjutnya menjadi wadah komunikasi bagi para anggotanya untuk bisa diskusi dan konsultasi seputar usaha yang akan dijalani maupun yang sudah berjalan bisa terus maju.

"Di komunitas Medan Satria ini saya bersama Arfan Arfian sekaligus menjadi mentornya dalam memberikan arahan dan solusi mengenai usaha rumahan dengan modal kecil," ujar Henky Eko Sriyantono.

Ilmu cooking class yang diajarkan oleh Cak Eko tidak sebatas hanya membuat Fried Chicken dan Bolu Gulung saja, namun juga donat, brownies kukus, martabak mini, bakso, sempol dan lain-lain. Untuk pekan depan sudah ada komunitas ibu-ibu di wilayah kelurahan lain di kota Depok dan Bekasi yang meminta diajarkan membuat bakso dan martabak mini. Tapi untuk setiap sesi pelatihan diajarkan dua menu saja agar peserta dapat lebih fokus dan menyerap ilmu dengan baik.

Pelatihan dan pemberdayaan ini gratis untuk komunitas ibu-ibu di wilayah kota Bekasi dan kota Depok. "Jadi bila ada komunitas ibu-ibu PKK, arisan, pengajian, keagamaan, yang tertarik untuk mendapatkan pelatihan ini secara gratis langsung daftar saja melalui WA di nomor : 085921699018 agar bisa diatur jadwalnya sekaligus jenis menu yang dipilih," tutup Cak Eko.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak